Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Butland: Saya di Timnas untuk Saingi Joe Hart

Ahad 08 Okt 2017 18:35 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita

Jack Butland

Jack Butland

Foto: EPA/ANNEGRET HILSE

REPUBLIKA.CO.ID, VILNIUS -- Kiper Stoke City Jack Butland siap untuk dimainkan oleh pelatih timnas Inggris Gareth Southgate pada laga pamungkas Grup F kualifikasi Piala Dunia zona Eropa melawan Lituania, Ahad (8/10) malam WIB. Butland menegaskan, keberadaanya di skuat Inggris bukan cuma untuk melapis posisi kiper utama yang saat ini ditempati oleh Joe Hart.

Kiper 24 tahun ini berjanji akan memberikan usaha paling keras agar bisa membuat hati Southgate dilema dalam memilih penjaga gawang utama untuk timnas Inggris. Butland paham, posisi Hart sangat kokoh di skuat utama. Namun, ia sangat yakin bisa menggeser kiper 30 tahun tersebut.

"Saya kembali untuk menunjukkan kualitas saya. Pertama kali saya masuk timnas pada usia 19, sejak saat itu karier saya naik turun. Tapi kini saya siap memberikan yang terbaik seperti yang sudah saya tunjukkan di Liga Primer Inggris," kata Butland dikutip dari ESPN, Ahad.

Butland mengakui, semangatnya sempat hancur saat harus menderita cedera ankle pada bulan Maret 2016 lalu. Kala itu, cedera yang ia dapatkan pada laga persahabatan melawan Jerman membuatnya harus mengubur mimpi ikut Piala Eropa 2016. Padahal, posisinya mulai diperhitungkan bersamaan dengan sempat menurunnya penampilan Hart.

Namun, kiper yang sudah meniti karier profesional sejak usia 17 tahun ini menegaskan, masalah cedera yang sempat mengganggunya kini sudah sirna sepenuhnya. Ia juga memastikan, tak ada trauma yang ia rasakan pascasembuh dari cedera lututnya.

"Sekarang saya sangat termotivasi untuk bermain sebaik yang saya bisa. Sekarang saya akan kembali setelah 16 bulan lamanya. Saya harap saya bisa tenang ketika diberi kepercayaan tampil," kata Butland.

Butland pertama kali dipanggil tahun 2012 silam ketika Inggris masih dilatih Roy Hodgson. Namun meski hampir setengah dekade jadi langganan timnas, ia baru mencatatkan lima penampilan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA