Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Polisi Selidiki Besar Dana dari First Travel untuk Syahrini

Kamis 05 Oct 2017 18:00 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul memberikan keterangan kepada wartawan mengenai kelanjutan kasus beras PT IBU di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/8).

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul memberikan keterangan kepada wartawan mengenai kelanjutan kasus beras PT IBU di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/8).

Foto: Antara/Reno Esnir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artis Syahrini tidak memenuhi panggilan Bareskrim Polri pada Kamis (5/10). Bareskrim kembali memanggil Syahrini untuk diperiksa terkait kasus dugaan penipuan berkedok umroh yang dilakukan First Travel.

Kabag Penum Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, penyidik berniat menggali berapa dana dari First Travel kepada Syahrini untuk mempromosikan biro perjalanan umroh tersebut.

"Pemeriksaan ini tentu bagi pihak penyidik untuk mengetahui berapa jumlah dana yang dikeluarkan First Travel ke Syahrini, apa saja kegiatannya, peran apa yang ditampilkan," ujar Kabagpenum Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, Kamis (5/10).

Berdasarkan keterangan pada pemeriksaan sebelumnya, Syahrini memiliki kesepakatan (MoU) dengan First Travel. Sedangkan pada artis lainnya, Vicky Shu mengaku tidak memiliki kesepakatan khusus dengan First Travel. Dari keterangan artis itu, polisi mendatanua untuk dijadikan bahan penyelidikan lebih lanjut menuju aset First Travel.

First Travel menggunakan artis untuk menarik minat masyarakat. Dari upaya First Travel menggaet artis itu, terdapat dana yang dikeluarkan. Dana tersebut nantinya akan digunakan penyidik mencari aset First Travel.

"Penyidik ingin mendata berapa saja berapa jumlah nilai yang bisa diapat penyidik," kata Martinus.

Sejauh ini, total aset First Travel yang disita ditaksir berjumlah 50 M. Padahal, hutang yang harus dibayarkan First Travel berjumlah sekitar 800 M. Dari pendataan dengan artis itu, diharapkan dapat memberikan info tambahan untuk kepolisian menelusuri aset First Travel yang belum terungkap.

"Karena jauh sekali antara uang yang diduga hasil tipun dengan aset," ucapnya.

Sebelumnya penyidik telah melakukan pemeriksaan kepada Syahrini pada Rabu (27/9) lalu. Pemeriksaan perdana terhadap Syahrini itu hanya berkisar tentang bagaimana proses pemberangkatan umrah yang dilakukannya menggunakan First Travel. Selanjutnya, Artis Vicky Shu telah menjalani pemeriksaan terkait perannya dalam kasus First Travel pada Senin (2/10).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA