Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Ridwan Kamil Sebut Pancasila Menjaga Keutuhan NKRI

Senin 02 Oct 2017 10:19 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bayu Hermawan

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2017 di Balai Kota Bandung, Senin (2/10). Dalam upacara tersebut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bertindak sebagai Inspektur Upacara yabg diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ridwan menegaskan Pancasila merupakan nilai mutlak yang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama ini. Pancasila menjadi ideologi yang menyatukan bangsa.

"Terkesan klise tapi kenyataannya seperti itu. Kalau tidak percaya, negeri-negeri yang terkoyak kondusivitasnya pasti perangnya perang ideologi perang keyakinan dan lain-lain," kata pria yang akrab disapa Emil usai upacara.

Menurutnya, Pancasila sudah menjadi ideologi bangsa yang tidak bisa digantikan dengan ideologi lainnya. Karena Pancasila mengandung nilai-nilai kehidupan dan pembangunan bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa memandang suku, agama, ataupun golongan.

Emil mengatakan sakralnya nilai Pancasila bisa dilihat di Kota Bandung. Ia menyebutkan selama ini Bandung sangat kondusif, aman, dan nyaman karena menerapkan Pancasila dalam pembangunan dan pemahaman masyarakatnya.

"Salah satunya adalah melakukan pembangunan dengan aman dan nyaman juga kondusif yang datang dari kesepahaman pemerintah warga dan pendatangnya bahwa kalau mau tinggal di kota bandung harus menjunjung tinggi sebuah nilai yang disepakati yaitu Pancasila," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA