Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Persija Kembali Permalukan PS TNI dengan Skor 4-1

Sabtu 30 Sep 2017 21:05 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita

Logo Liga 1 Indonesia.

Logo Liga 1 Indonesia.

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Persija Jakarta kembali membikin malu PS TNI. Laga kedua kesebelasan di Stadion Patriot Candrabhaga, pada pekan ke-27 Liga 1 2017, Sabtu (30/9), berakhir dengan skor 4-1. 

Ini menjadi kemenangan kedua Macan Kemayoran atas Kesebelasan Tentara sepanjang kompetisi nasional musim berjalan. Pada pekan ke-10 Juni lalu, PS TNI juga kandas 0-2 dari Persija Jakarta saat laga di Stadion Pakansari.

Persija sudah unggul sejak babak pertama. Gol yang dicetak oleh Fitra Ridwan pada menit ke-12 dan Rezaldi Hehanusa pada menit ke-40, mampu menjebol gawang PS TNI. Satu-satunya gol milik skuat Tentara terjadi pada menit ke-20 lewat Sansan Husaeni. Skor 2-1 mengakhiri babak pertama.

Pada babak kedua, pelatih Stefano Cuggura Teco mengawali rombak pemain. Striker gaek, Bambang Pamungkas, ditarik keluar. Posisinya digantikan Pandi Lestaluhu. 

Pelatih Rudy Eka Priyambada, pada menit ke-36 babak pertama sudah melakukan sekali ganti pemain. Yaitu, ketika gelandang serang Erwin Ramdani ditandu keluar lantaran cedera. Posisinya digantikan Ahmad Nufiandani. Mengawali babak kedua, pelatih Rudy belum mau mengubah kembali komposisi skuatnya.

Tertinggal satu gol, PS TNI bermain lebih agresif di babak kedua. Persija nyaris dibikin bertahan. Serangan dari semua lini dilakukan para pemain tamu. Namun, kurangnya ketajaman di lini depan PS TNI dan pertahanan Persija yang solid membuat upaya menyamakan kedudukan tak pernah makbul.

Pelatih Rudy melakukan pergantian pemain kedua. Pada menit ke-54, pemain belakang Ganjar Mukti ditarik keluar. Posisinya digantikan Andy Setyo Nugroho. Tetapi, pergantian pemain tersebut juga tak membuat PS TNI mampu membayar defisit gol. 

Sampai menit ke-70, tercatat lebih dari empat kali PS TNI berusaha menjebol kembali gawang Andritany Ardhiyasa. Tetapi, angka di papan skor masih tetap 2-1. Andalan serangan balik dari Persija, ampuh membuat PS TNI kocar-kacir.

Menit ke-71, umpan jauh dari lini belakang Persija, mengatar bola ke kotak 16 PS TNI. Ada Rudy Widodo yang berlari kencang mendapatkan bola. Pengawalan yang minim dari pemain PS TNI, membuat pemain dengan angka punggung 10 itu mudah menaklukkan kiper Dhika Bhayangkara. Skor menjadi renggang 3-1.

Unggul dua gol, membuat pelatih Teco menjaga daya tahan para penggawanya, dengan kembali merotasi pemain. Novri Setiawan, pemain U-23, masuk menggantikan Fitra Ridwan yang juga merupakan pemain U-23. 

Pergantian itu dijawab pelatih Rudy pada menit ke-74, dengan menarik Guntur Triaji yang tampak mandul di lini serang. Posisinya digantikan Gustur Cahyo Putro. Namun, tetap saja pergantian pemain itu, tak menghasilkan apapun bagi PS TNI. 

Alih-alih mengejar selisih gol, gawang Dhika Bhayangkara kembali bobol pada menit ke-83. Kali ini lewat Novri Setiawan. Skor semakin renggang 4-1. Usaha PS TNI, untuk bisa memperkecil kekalahan, pun terus kandas. Sampai menit ke-90, skor 4-1 tetap. 

Kemenangan Persija atas PS TNI kali ini, tak mempengaruhi posisi kedua kesebelasan di tangga klasemen. Persija, meski meraih tiga angka, tetap berada di peringkat ke-6 dengan nilai 46 angka. 

Posisi itu di bawah Persipura Jayapura yang berada di peringkat ke-5 dengan nilai 47 angka. Sementara PS TNI, juga tetap berada di peringkat ke-14 dengan 29 angka. Kekalahan ini, membuat PS TNI gagal menggeser Sriwijaya FC di peringkat ke-13, dengan 31 angka. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA