Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Warga Malang Beri Rp 200 Juta Atlet Juara SEA Games 2017

Kamis 28 Sep 2017 13:07 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Endro Yuwanto

Sejumlah pendukung memberi ucapan selamat kepada atlet balap sepeda putri Jatim Elga Kharisma Novanda (kanan) setelah mencapai finis pada final nomor 500 M Time Trial Putri PON XIX

Sejumlah pendukung memberi ucapan selamat kepada atlet balap sepeda putri Jatim Elga Kharisma Novanda (kanan) setelah mencapai finis pada final nomor 500 M Time Trial Putri PON XIX

Foto: Antara/Zabur Karuru

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG -- Menjadi seorang atlet bukan saja bertujuan untuk menonjolkan kemampuan fisik pada suatu bidang pada orang lain. Namun menjadi seorang atlet juga berarti ikut memperjuangkan nama bangsa di kancah negara.

Hal inilah yang dirasakan sejumlah atlet Indonesia yang berjuang di kompetisi dunia seperti dalam SEA Games 2017 di Malaysia beberapa waktu lalu.

Elga Kharisma merupakan satu di antara atlet kebanggaan Indonesia yang ikut menyumbang medali emas di beberapa pertandingan internasional. Atlet yang juga berasal dari Kota Malang ini telah tiga kali menyumbang medali emas dalam balap sepeda BMX. Dua di antaranya pada SEA Games Myanmar 2013 dan Malaysia 2017.

Sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan di bidang olahraga, masyarakat Malang baru saja memberikan apresiasi kepada Elga dan lima atlet lainnya. Mereka mendapatkan apresiasi berupa uang yang totalnya sebesar Rp 200 juta.

Menurut Elga, ini merupakan kali pertama para atlet SEA Games mendapatkan apreasiasi seperti itu. "Ini luar biasa, sepertinya baru Kota Malang yang mengadakan apreasiasi para pemenang medali SEA Games seperti ini," ujar Elga saat ditemui wartawan di Halaman Balai Kota Malang, Kamis (28/9).

Elga merasa sangat dihargai oleh masyarakat Kota Malang. Apresiasi ini bukan saja menjadi motivasi bagi dirinya tapi juga atlet lainnya. "Yang lainnya jadi lebih semangat untuk bisa memberikan yang lebih baik ke depannya," kata dia.

Wali Kota Malang Mohammad Anton tidak menampik kegiatan apreasiasi para atlet di Kota Malang ini merupakan pertama kalinya dilakukan. Menurut dia, kondisi ini jelas menandakan perbedaan cara masyarakat Malang dalam menunjukkan kepeduliannya pada para atlet. Masyarakat Malang sudah mempersiapkan hadiah terbaik bagi mereka yang telah membanggakan nama Indonesia dan Malang.

Apresiasi Rp 200 juta yang diberikan pada enam atlet Kota Malang, lanjut Anton, memang berasal dari masyarakat. Keenam atlet tersebut berasal dari bidang balap sepeda BMX, atletik, tinju, menembak, downhill, dan balap sepeda team persuot. Adapun sumbangan apreasiasi ini terdiri dari partisipasi tokoh, organisasi keagamaan, dan sebagainya.

Dengan adanya apreasiasi ini, pria yang biasa disapa Abah Anton yakin akan memotivasi atlet yang belum berprestasi lainnya. "Para junior bisa lebih bersemangat lagi sekaligus bangga punya senior yang bisa membanggakan itu,"jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA