Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Indonesia Punya Lebih dari 5 Ribu Resep Tradisional

Selasa 26 Sep 2017 08:24 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani

Kuliner Indonesia yang kaya rasa membutuhkan banyak bumbu sebagai bahan dasarnya.

Kuliner Indonesia yang kaya rasa membutuhkan banyak bumbu sebagai bahan dasarnya.

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, Ketua Akademi Gastronomi Indoensia (AGI), Vita Datau mengungkapkan, Indonesia menjadi negara gastronomi terkaya di dunia dan memiliki lebih dari 5 ribu resep tradisional.

"Pada 2013 akademi melakukan fit and proper test Indonesia negara gastronomi terkaya punya produk lebih dari 5.000 resep tradisional, lebih dari 5.000 lho," kata Vita di Jakarta, Senin (25/9).

Indonesia masuk ke dalam 29 besar dari 187 negara karena produk lokal. Kekuatan gastronomi ada dalam Triangle Concept yang berporos pada tiga elemen, yaitu makanan, budaya, dan sejarah, yang saling bersinergi satu sama lain.

Kaitan antara makanan dan sejarah dihubungkan oleh bahan pangan lokal, antara sejarah dan budaya dihubungkan oleh hikayat, sedangkan antara budaya dan makanan dihubungkan oleh ritual atau seremoni. Konsep tersebut membentuk image yang membedakan suatu daerah. Inilah yang dapat dikomunikasikan melalui kreasi oleh-oleh.

Ia mengatakan, keanekaragaman jenis bahan pangan, proses pembuatan, hingga proses pengemasan oleh-oleh di satu provinsi dengan provinsi lainnya akan cenderung berbeda. Hal  ini merupakan salah satu nilai jual tersendiri bagi industri oleh-oleh provinsi tersebut.

"Semua daerah bisa mem-branding, kita boleh lihat produk di daerah kuncinya kreasinya yang penting lokal produk," kata dia.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA