Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Mempersiapkan Liburan Perdana ke Luar Negeri

Senin 25 Sep 2017 08:47 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Wisatawan Asing di Bangkok, Thailand

Wisatawan Asing di Bangkok, Thailand

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persiapan jalan-jalan keluar negeri bagi wisatawan pemula memang tidak akan mudah. Bukan berarti tidak bisa dilakukan dan terus bergantung pada agen tur penyedia jasa pendampingan perjalanan.

Jika melakukan perjalanan bersama keluarga, yang membawa anggota keluarga anak kecil atau orang tua, memang sebaiknya menggunakan jasa tur. Pilihan itu dipandang paling baik. Sebab, mengurus masalah kebutuhan yang kecil di negeri asing sering kali merepotkan.

Tapi, jika berangkat berwisata dengan teman-teman seumuran dan kondisi stamina fit, tidak ada salahnya menjelajahi tempat baru secara mandiri. Menurut travel blogger Marischka Prudence, ada keleluasaan dan keluwesan ketika berpergian tanpa menggunakan tur.

Lalu, apa yang harus disiapkan jika ingin jalan-jalan solo tanpa bantua agen perjalanan yang mengatur segala kebutuhan di sana? "Kalau jalan sendiri, nggak pakai tur, cari info dulu di internet," kata Marischka.

Marischka menyarankan, bagi wisatawan pemula banyak-banyak mencari informasi seputar tempat yang akan dikunjungi. Kegiatan menggali informasi itu wajib hukumnya, terlebih lagi sekarang sudah dimudahkan dengan adanya internet.

Ketika sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup, jangan lupa, persiapkan pemesanan untuk pelbagai kebutuhan. Seperti penginapan dan transportasi. Jika akan menggunakan transportasi publik, mengetahui setiap rute yang akan dilewati untuk menuju destinasi di negara tersebut pun sangat perlu diketahui.

"Siapkan internet di lokasi tujuan, bisa siapkan paket roaming, atau beli SIM card setempat atau sewa Wi-Fi router," kata Marischka.

Selain itu, disarankan pula untuk membawa uang dengan kurs sesuai lokasi dengan jumlah secukupnya. Hal tersebut membantu wisatawan pada hari-hari pertama sebelum mengetahui lebih banyak sudut kota yang dijelajahi dan mewaspadai kesulitan melakukan tarik tunai di ATM.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA