Jumat 22 Sep 2017 10:25 WIB

Handuk Bisa Jadi Sarang Bakteri

Rep: Desy Susilawati/ Red: Esthi Maharani
Handuk
Foto: Flickr
Handuk

REPUBLIKA.CO.ID, Handuk kotor bisa membawa berbagai macam mikroba. Bahkan bisa menjadi wadah untuk penyebaran penyakit menular. Seperti dilansir dari laman Time, Jumat (22/9), para ahli mengatakan Anda tidak bisa menjaga handuk Anda 100 persen bebas kuman, tapi Anda bisa membatasi handuk paling kotor dengan cara mencuci handuk lebih sering daripada yang Anda lakukan sekarang.

Handuk adalah perangkap bakteri yang hebat karena setiap kali Anda menggunakan handuk, Anda mentransfer bakteri kulit alami Anda, dan kuman lain yang Anda bawa ke permukaannya. Sebagian besar kuman ini tidak akan memiliki efek kesehatan negatif karena mereka berasal dari Anda.

"Tubuh kita disesuaikan untuk bisa tinggal di lingkungan ini dengan semua mikroba ini," jelas Emily Martin, asisten profesor epidemiologi di University of Michigan School of Public Health.

Tapi handuk menawarkan lingkungan yang sempurna bagi bakteri dan mikroorganisme lainnya untuk tumbuh karena sering lembab. Apalagi jika sering digantung di kamar mandi.

Dalam satu studi (yang belum dipublikasikan) Gerba mengatakan bahwa ia menemukan bahwa hampir 90 persen handuk kamar mandi terkontaminasi bakteri coliform dan sekitar 14 persen membawa E. coli. Penelitiannya yang dipublikasikan juga menemukan bakteri ini di handuk tangan dapur, dan jumlah E. coli berkorelasi dengan seberapa sering handuk dicuci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement