Kamis 21 Sep 2017 11:32 WIB
ASEAN Para Games 2017

Hari Ini Penentuan Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games

Kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games 2017
Foto: kualalumpu2017.com.my
Kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games 2017

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Peluang Indonesia untuk meraih juara umum ASEAN Para Games IX/2017 Malaysia akan ditentukan Kamis (21/9). Sebanyak 70 emas akan menjadi penentuan bagi Kontingen Merah Putih melaksanakan misi menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Untuk merealisasikan hal itu maka Indonesia yang sudah mengoleksi 70 emas, 46 perak dan 28 perunggu tinggal menyabet sepertiga dari emas yang diperebutkan. Ini harus dimbangi harapan pembagian emas lainnya dibagi merata oleh dua saingan terkuat Indonesia, yakni Malaysia dan Thailand. Vietnam, Myanmar dan Singapura juga harus ikut merebut emas-emas tersebut.

"Memang sampai saat ini saingan terdekat kita adalah tuan rumah Malaysia. Namun juara bertahan Thailand juga masih mempunyai harapan. Karena itu kita berharap selain Indonesia terus panen emas juga pembagian emas lainnya merata ke negara-negara lainnya. Jadi perolehan kita tidak akan terkejar oleh negara lainnya," ujar Chef de Mission Kontingen APG Indonesua dokter Bayu Rahardian Sp.Kj dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis.

Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus di bawah Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu menjelaskan, emas yang diperebutkan hari ini berasal dari atletik, renang, balap sepeda, angkat berat, panahan, boling, dan tenis kursi roda. Indonesia tetap mengandalkan renang, atletik dan angkat berat serta berharap balap sepeda dan boling bisa membuat kejutan mencuri emas.  

Ketika disinggung tentang persaingan ketat dengan Malaysia akan bisa memunculkan hal-hal non teknis, Bayu mengungkapkan, hal ini diharapkan tidak akan terjadi. Sejauh ini tuan rumah bersikap baik dan membantu semua peserta baik. Apalagi sebagian besar pertandingan juga terukur sehingga sukar untuk melakukan hal-hal di luar fair play.

"Namun kalau pun sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, saya sudah berpesan kepada para manajer dan pelatih agar merekam dan mencatat apa yang terjadi sehingga bisa memiliki bukti untuk melakukan protes. Jangan sampai kita protes tanpa bukti sehingga tidak akan menghasilkan apa-apa," tuturnya.

Dalam bagian lain Presiden National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia, Seny Marbun menyatakan, perjalanan Kontingen Garuda untuk meraih juara umum sudah tinggal menunggu waktu saja. Namun dia tetap berpesan, semua anggota kontingen Indonesia tidak takabur. Semuanya harus tetap menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan sambil terus berjuang dengan penuh semangat.

"Kini kita tinggal meminta izin Tuhan untuk merebut juara umum. Hal ini akan terwujud dengan kita tidak takabur namun terus berjuang dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," katanya.

Dia berharap kekompakan itu terus berjalan sehingga hari ini Indonesia bisa menuntaskan misi merebut juara umum. "Mudah-mudahan atas izin yang di Atas hari ini kita bisa memenuhi target menambah emas demi emas sehingga juara umum terwujud," tegasnya.

Daftar Klasemen Sementara ASEAN Para Games 2017

Negara

Emas

Perak

Perunggu

Total

1. Indonesia

70

46

28

144

2. Malaysia

53

44

42

139

3. Thailand

33

35

39

107

4. Vietnam

25

38

37

100

5. Filipina

11

15

13

39

6. Myanmar

8

9

11

28

7. Singapura

6

10

17

33

8. Brunei

1

4

3

8

9. Timor Leste

1

0

1

2

10. Kamboja

0

2

3

5

11. Laos

         0

          2

                2

         4

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement