Selasa 19 Sep 2017 07:50 WIB

Tekanan Darah Tinggi Bisa Rusak Organ Tubuh

Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Foto: torange
Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, Tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan rusaknya organ tubuh terutama jantung dan pembuluh darah. "Beberapa remaja mungkin memiliki kerusakan organ yang berkaitan dengan tekanan darah," kata Elaine M Urbina, Direktur di Cincinnati Children's Hospital, Ohio.

Tekanan darah tinggi pada remaja didefinisikan berdasarkan persentil, bukan tingkat tekanan darah seperti pada orang dewasa. "Pencitraan pada jantung mungkin berguna bagi kaum muda untuk menentukan seberapa agresifnya terapi," tutur Urbina seperti dilansir laman Indian Express.  

Sebuah studi yang dipresentasikan di depan Dewan Hipertensi American Heart Association (AHA) tahun 2017 di San Francisco beberapa waktu lalu menunjukkan kerusakan organ bahkan di kalangan pemuda bila tekanan darah kurang dari pada persentil ke-80.

Temuan ini juga memperlihatkan bahwa ada kerusakan jantung dan pembuluh darah pada kelompok berisiko menengah, yang memiliki tekanan darah pada persentil ke-80 sampai 90 dan kelompok berisiko tinggi, dengan tekanan darah di atas persentil ke-90.

Hipertensi didefinisikan terjadi bila tekanan darah sistolik dan diastolik di atas persentil ke-95 atau 150/100-159/109 mmHg (khusus remaja), berdasarkan jenis kelamin, umur, dan tinggi badan pada tiga atau lebih kesempatan pengukuran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement