Kamis 14 Sep 2017 08:46 WIB

MII Gelar Simposium Nasional Ikan dan Perikanan 2017

Suasana simposium nasional ikan dan perikanan 2017.
Foto: Dok IPB
Suasana simposium nasional ikan dan perikanan 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Masyarakat Iktiologi Indonesia (MII) menggelar Simposium Ikan dan Perikanan (SIPP) 2017 di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor, Selasa-Rabu  (12-13/9). Pada tahun 2017 ini, SIPP mengangkat tema “Enhancing Fisheries Management and Biodiversity Conservation of Coastal Fishand Ecosystems in Indonesia“. Tema ini selangkah lebih luas pembahasannya dibandingkan tema SIPP sebelumnya.

Ketua MII yang juga Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB)  Prof  Dr  Sulistiono mengatakan,  simposium ini merupakan wadah untuk memublikasikan hasil penelitian tentang ikan dan perikanan.Selain itu, dengan adanya simposium ini akan terjalin silaturahim  antarpeneliti/penggiat ikan se-Indonesia. “Sehingga,  dapat memberikan manfaat seluas-luasnya, baik secara ilmu pengetahuan maupun ekonomi ketika nantinya hasil penelitian digunakan,” kata Sulistiono dalam rilis IPB yang diterima Republika.co.id, Rabu (13/9).

Hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPR RI Komisi IV Dr  H E  Herman Khaeron. Ia  berharap informasi dan kebermanfaatan penelitian di simposium ini dapat didiseminasikan, khususnya oleh para penyuluh kepada masyarakat.

Simposiun ini diikuti oleh 170 pemakalah, 50 peserta dan 50 tamu undangan. Mereka  terdiri dari dosen, peneliti senior dan mahasiswa. Mereka berasal dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Papua.

Ketua panitia, Charles PH Simanjuntak, PhD mengatakan antusias mahasiswa untuk turut memublikasikan penelitiannya melalui SIPP 2017 ini cukup besar. Salah satunya adalah Aldi Candra K, mahasiswa Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB. Ia menyampaikan penelitiannya tentang komposisi dan strategi pola makanan ikan.

Rangkaian simposium di antaranya adalah Focus Group Discussion (FGD). Salah satu nara sumber yang hadir adalah Dekan FPIK IPB  Dr  Luky Adrianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement