Selasa 12 Sep 2017 09:02 WIB

Hati-Hati Overdosis Kafein

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
kopi
kopi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Overdosis bukan lelucon, termasuk ketika seseorang terlalu banyak minum kopi. Seseorang yang mengaku pecinta kopi kadang mengatakan golongan darahnya adalah 'C' yang merujuk pada kata 'Caffeine.' Sayangnya, tidak semua orang bisa mengetahui dosis kafein berlebih di dalam tubuhnya.

Konsumsi kafein terlampau banyak bisa membahayakan tubuh. Tubuh membutuhkan waktu setidaknya empat jam sebelum mulai merasakan efek overdosis kafein. Berikut adalah tanda-tanda seseorang kelebihan kafein, dilansir dari Womanitely, Selasa (12/9).

Pertama, gugup. Ini adalah sinyal nomor satu di mana seseorang harus berhenti mengonsumsi kafein selama sisa hari. Gugup atau gelisah adalah sensasi dari jantung. Degupan jantung kadang sebentar, namun mendadak kencang sekali. Dalam beberapa kasus, gugup ini berdampak buruk, sehingga seseorang tampak seperti seizure atau kejang ringan.

Kedua, pusing atau sakit kepala. Ini mungkin sakit umum yang menyerang semua orang. Sakit kepala di sini bukan panggilan seseorang harus menambah gelas kopinya.

Gejala ringan lain yang menandakan tubuh kelebihan kafein adalah diare, insomnia, demam, cepat marah, dan dehidrasi atau rasa haus meningkat tiba-tiba. Jika seseorang baru saja minum espresso satu jam lalu, dan sudah merasakan gejala-gejala di atas, jangan sekali-sekali menambah cangkir kopi yang baru.

Gejala serius seseorang overdosis kafein adalah muntah, halusinasi, kebingunan, dada sakit, detak jantung tak menentu, kejang otot, dan sesak napas. Ketika jumlah kafein dalam tubuh mencapai tingkat toksik, biasanya satu-satunya cara mengobatinya adalah mengonsumsi pencahar atau lavage lambung.

Kondisi terparah adalah dokter harus mencuci isi perut seseorang. Detak jantung akan dipantau dengan alat EKG, dan jika perlu seseorang perlu mendapat bantuan pernapasan.

Kurangi konsumsi kafein dan perbanyak minum air putih. Kopi memang bermanfaat kesehatan, namun pengaturan minumnya adalah suatu keharusan. Jangan sampai Anda membanjiri sistem pencernaan dengan stimulan terlalu banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement