Jumat 08 Sep 2017 16:17 WIB

Satria Muda Pertamina Ikuti Turnamen Internasional 

Rep: Fitrianto Anto/ Red: Andri Saubani
Pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta Youbel Sondakh.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta Youbel Sondakh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Finalis Indonesian Basketball League (IBL) musim lalu, Satria Muda Pertamina akan mengikuti turnamen internasional di dua negara yakni Taiwan dan Singapura. Turnamen ini akan menjadi ajang uji coba tim yang bermarkas di Kelapa Gading Jakarta ini jelang IBL yang akan digelar pad Desember mendatang.

Pelatih kepala, Youbel Sondakh menyambut gembira undangan turnamen ini. Mengingat, ada kekosongan kompetisi lokal sebelum liga bergulir. Dalam rilis yang diterima Republika, Jumat (8/9)  pelatih terbaik IBL musim lalu ini mengatakan, tujuan mengikuti turnamen ini adalah untuk memberikan jam terbang lebih banyak kepada para pemain mudanya.

“Turnamen dengan skala Internasional seperti ini bagus buat kami. Apalagi di liga juga sudah pakai pemain asing. Target ikut turnamen ini adalah untuk meningkatkan individual skill pemain kami mulai dari teknik, fisik dan mental. Kalau secara tim, supaya lebih bagus chemistry-nya seiring dengan banyaknya pertandingan yang dijalani,” ujar Youbel

Turnamen pertama yang akan diikuti Satria Muda Pertamina adalah  turnamen Hualian City Kwen-Fu Cup 2017,  yang akan berlangsung 13-17 September mendatang. Turnamen ini merupakan turnamen tahunan yang rutin digelar sejak 2003 lalu dan menjadi turnamen pramusim liga basket Taiwan, Super Basketball League (SBL). Turnamen ini diprakarsai oleh Mr. Lin You Zhi, seorang anggota parlemen Kota Hualian, dan didukung oleh pemerintah Hualian City.

Ada delapan tim yang mengikuti turnamen ini dan akan dibagi menjadi dua grup. Satria Muda Pertamina sendiri berada di Grup A bersama Taoyuan Pauian Architecture, Kinmen Liquor Basketball dan satu lagi tim SMAA X CBA All Star, tim asal Amerika Serikat. Taoyan Pauian Architecture dan Kinmen Liquor Basketball adalah tim peserta SBL.

Pauian merupakan salah satu tim kuat di SBL, pernah menjuarai liga basket Taiwan sebanyak empat kali. Pauian juga pernah menjadi kampiun di Kwen-Fu Cup pada tahun 2015 lalu. Rata-rata pemainnya merupakan mantan pemain dan pemain tim nasional Taiwan saat ini. Sementara, tim SMAA X CBA All Star berisikan pemain asal Amerika Serikat yang akan bermain di berbagai negara di Asia.

Satri Muda Pertamina akan membawa semua pemain terbaiknya. Kecuali, Avan Saputra dipastikan tidak akan mengikuti turnamen ini mengingat ia harus memperkuat tim nasional 3x3 Indonesia di ajang Asian Indoor and Martial Arts 2017 di Ashgabat, Turkmenistan tanggal 17-27 September mendatang.

Vamiga Michel dkk. dijadwalkan akan berangkat ke Taiwan pada tanggal 11 September 2017. Usai menjalani turnamen di Taiwan, turnamen kedua yang akan diikuti tim Satria Muda Pertamina adalah Merlion Cup di Singapura pada 20-24 September 2017.

Berikut adalah jadwal pertandingan SM Pertamina di Hualian Kwen-Fu Cup 2017:

13 September 2017

SMPertamina vs Taoyuan Pauian Architecture, pukul 18.00 WIB

14 September 2017

SMPertamina vs Kinmen Liquor Basketball, pukul 14.00 WIB

15 September 2017

SMPertamina vs SMAA X CBA All Star, pukul 12.00 WIB

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement