Senin 04 Sep 2017 22:35 WIB

PBSI Akui Kegagalan di SEA Games 2017

Sekjen PBSI Achmad Budiharto (kanan).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Sekjen PBSI Achmad Budiharto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiarto mengakui kegagalan para atlet bulu tangkis Indonesia memenuhi target tiga medali emas sekaligus mempertahankan tradisi juara umum pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia.

Saat menghadiri Musyawarah Provinsi PBSI Kaltim di Samarinda, Senin (4/9), ia mengatakan, Indonesia hanya meraih dua emas dari nomor beregu putra dan tunggal putra. Sektor ganda putra yang juga menjadi andalan ternyata tidak mampu merealisasikan target.

"SEA Games tahun Ini hasil yang kurang menggembirakan, bukan hanya kita gagal memenuhi target emas, namun kita juga gagal mempertahankan tradisi juara umum cabang bulu tangkis yang dalam sepuluh tahun terakhir selalu bisa kita rebut," kata Achmad Budiarto.

Ia mengakui bahwa tim bulu tangkis yang diterjunkan pada SEA Games 2017 merupakan para pemain muda, karena pemain senior difokuskan mengikuti kejuraan dunia 2017 di Glasgow, Skotlandia.

"Kami bersyukur karena di kejuaran dunia itu kita masih bisa meraih satu gelar juara dari nomor ganda campuran melalui pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir," katanya.

Untuk Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang, tambah Budiarto, cabang bulu tangkis dibebani target dua medali emas. Target itu mengacu pada hasil yang dicapai pada Asian Games 2014.

Ia menilai target itu masih realistis dan optimistis bisa direalisasikan, karena Indonesia masih memiliki kekuatan di nomor ganda campuran dan ganda putra untuk ajang tingkat Asia.

Namun demikian, Budiharto menambahkan bahwa masih ada pekerjaan rumah besar yang harus diwujudkan PBSI, yakni mengembalikan kekuatan nomor tunggal putra dan putri yang prestasinya menurun dalam beberapa tahun terakhir.

"Sudah saatnya tunggal putra dan putri kita bisa mencapai top level untuk berbagai kejuaraan internasional. Ini yang harus kita wujudkan," tegasnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement