Senin 04 Sep 2017 10:23 WIB

Melindungi Mata dari Bahaya Cahaya Biru Layar

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Hindari terus menerus memandang layar gawai demi kesehatan mata.
Foto: Republika/ Darmawan
Hindari terus menerus memandang layar gawai demi kesehatan mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cahaya di malam hari bisa sangat buruk untuk kesehatan, terutama cahaya biru yang dihasilkan oleh perangkat elektronik atau lampu bohlam. Penelitian menyebutkan bahwa cahaya biru di malam hari sangat tidak baik untuk mata bisa menyebabkan kerusakan retina.

Seperti dilansir dari laman Health, ada beberapa gejala ketegangan mata dan tips untuk mengurangi paparan sinar biru Anda dengan perubahan gaya hidup, filter, dan kacamata. Banyak dari kita menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar gawai atau komputer.

Di tempat kerja mata menatap komputer selama delapan jam. Malamnya, Anda tenggelam ke dalam sofa dan bersantai dengan beberapa episode baru di televisi.

Tahun lalu, laporan pemirsa Nielsen Company mengungkapkan bahwa rata-rata orang dewasa di Amerika Serikat menghabiskan 8 jam dan 47 menit sehari untuk menggunakan perangkat. Yang menimbulkan pertanyaan, bagaimana semua waktu layar itu mempengaruhi kesehatan mata kita dan lebih banyak lagi?

Jawabannya tidak begitu jelas. Beberapa dokter khawatir bahwa paparan sinar biru dari perangkat elektronik mungkin memiliki dampak negatif pada mata kita.

"Lampu biru berkenaan karena kornea dan lensa tidak menyaringnya, jadi masuk ke bagian belakang mata," kata Anam Qureshi, MD, asisten profesor klinis oftalmologi di NYU Langone di New York City.

Dia mengatakan beberapa ahli berpikir hal itu bisa merusak retina dan menyebabkan kondisi seperti degenerasi makula. Meski tidak ada penelitian untuk mendukung kekhawatiran tersebut.

Ahli jantung berbasis di Dallas Janelle Routhier, OD, telah menemukan bahwa, untuk pasiennya, menatap layar untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan mata digital, juga dikenal sebagai sindrom penglihatan komputer. Gejala bisa meliputi penglihatan kabur, kesulitan memusatkan perhatian pada satu hal, mata merah, mata lelah, mata kering hingga sakit kepala.

"Anggap saja begini. Jika Anda berada dalam posisi jongkok dan Anda memegangnya untuk waktu yang sangat lama, kaki Anda akan benar-benar lelah dan Anda akhirnya tidak dapat menahan posisi itu lagi," kata Dr. Routhier.

Hal yang sama terjadi pada mata. Agar fokus pada benda, otot mata Anda perlu terus-menerus disatukan dan setelah beberapa saat, otot-otot itu menjadi lelah.

"Terlebih lagi, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru menekan melatonin, hormon yang membantu tubuh mempertahankan ritme sirkadian yang sehat. Itu bisa membuat lebih sulit untuk tertidur, dan kurang tidur dapat memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang," kata Dr. Qureshi.

Sementara lebih banyak penelitian diperlukan untuk menilai efek samping dari kebiasaan teknologi, ada beberapa strategi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memainkannya dengan aman dan melindungi mata Anda dari layar Anda. Di bawah ini, beberapa tips terbaik mengurangi cahaya biru dari gawai, antara lain:

Pertama, beri mata istirahat

"Jika Anda akan berkonsentrasi di layar untuk waktu yang lama, cobalah peraturan 20/20/20. Tujuannya adalah beristirahat setiap 20 menit, selama 20 detik, dan lihatlah," ujar kata Dr. Routhier.

Anda bisa melakukan cara ini dengan melihat ke luar jendela, misalnya, atau di kantor. Untuk membuat kebiasaan ini, atur pengingat pada telepon untuk mengatasi masalah ini.

Kedua, ingat untuk berkedip

"Saat Anda berkonsentrasi, Anda mengurangi tingkat kedip Anda, yang dapat menyebabkan semua air mata menguap dari permukaan mata Anda dan menyebabkan penglihatan kabur, iritasi mata, kemerahan, dan rasa sakit," kata Dr. Qureshi.

Ketiga, unduh aplikasi pengurangan cahaya

Ada beberapa aplikasi yang mengurangi cahaya biru pada perangkat Anda, seperti f.lux. Anda juga bisa menggunakan mode Nightshift pada iPhone Anda.

Tapi cara terbaik agar gawai Anda tidak mengganggu tidur adalah dengan mematikannya satu jam sebelum waktu tidur Anda. Sebagai gantinya, pilih aktivitas pra-tidur yang kurang merangsang, seperti membaca buku atau mendengarkan beberapa musik yang menenangkan.

Keempat, pintarilah lensa Anda

Kacamata Sunglass BluBlocker yang menyaring cahaya biru (dan masuk dalam rona oranye terang yang tidak begitu bergaya) sudah ada bertahun-tahun-tapi mungkin tidak mungkin Anda tertangkap mengayunkannya di kantor. Untungnya, sekarang ada pilihan lain yang melakukan pekerjaan yang sama tanpa membuat Anda terlihat seperti anggota band '90 -an.

Dr. Routhier merekomendasikan Transisi lensa adaptif untuk kacamata Anda. Lensa ini menyaring cahaya biru baik dari layar dan matahari.

Dr. Routhier adalah Direktur Senior Pengembangan Pelanggan di Essilor, yang mengembangkan lensa ini. "Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin kehilangan kemampuan untuk melihat dari dekat. Pertimbangkan untuk memilah sepasang kacamata baca yang akan membantu Anda melihat layar komputer Anda dengan lebih baik."

"Anda benar-benar harus menyesuaikan kacamata yang Anda pakai untuk jarak antara Anda dan perangkat Anda," kata Dr. Qureshi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement