Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Kemenhub: 97 Ribu Kendaraan Melalui Tol Cikarang Utama

Ahad 03 Sep 2017 13:01 WIB

Red: Agus Yulianto

Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat

Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat

Foto: Musiron/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik liburan Idul Adha 2017 terjadi pada Ahad malam (3/9) dengan total kendaraan dari arah utara dan selatan Jawa mencapai 97 ribu melalui pintu Tol Cikarang Utama.

"Untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan agar tidak terjadi kemacetan panjang, telah dipersiapkan sejumlah skenario," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo kepada pers saat meninjau pintu Tol Cikarang Utama di Cikarang, Jawa Barat, Minggu.

Dikatakannya, sejumlah skenario yang akan dilakukan jika terjadi kepadatan adalah mengoptimalkan seluruh gardu tol sebanyak 31 gardu dari yang biasa dibuka 28 gardu. Skenario lain adalah melakukan "contra flow" di kilometer 66 sampai kilometer 33 terutama untuk mengabtisipasi masuknya kendaraan dari arah Tol Cipali dan Cipularang.

"Seperti diketahui Tol Cikampek ada pertemuan dari Tol Cipali dan Tol Cipularang sehingga kepadatan akan terjadi di Tol Cikampek. Untuk itu akan kami berlakukan 'contra flow'," katanya.

Kemenhub dan PT Jasa Marga menyatakan bahwa optimalisasi Tol Cikampek sudah bagus dan untuk menghindari kemacetan, sejumlah proyek pembangunan sudah dihentikan sejak pekan lalu.

Demikian juga truk angkutan barang mulai pagi ini hingga pukul 23.59 hari ini dilarang melintas tol Cikampek. "Dengan berbagai skenario itu kami berharap arus kendaraan masuk Jakarta dan sekitarnya akan berjalan lancar," kata Sugihardjo. Menurut catatan PT Jasa Marga pada puncak arus balik liburan Idul Adha ini akan terjadi lonjakan kendaraan 25 persen dibanding hari biasa.







sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA