Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Mitos Daging Kambing

Jumat 01 Sep 2017 15:46 WIB

Red: Esthi Maharani

Salah satu olahan daging kambing, satai kambing.

Salah satu olahan daging kambing, satai kambing.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, Pakar gastroenterologi (ilmu tentang penyakit pada sistem pencernaan) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Syam, menngungkap mitos seputar daging kambing.

"Jika ingat daging kambing, saya ingat beberapa mitos yang sangat diyakini masyarakat kebenarannya," kata dia, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, salah satu mitos itu adalah makan daging kambing menaikkan tekanan darah, sehingga masyarakat yang menderita hipotensi atau tekanan darah rendah dianjurkan makan kambing agar tensinya naik. Dia memaparkan, tekanan darah rendah bisa disebabkan berbagai hal, bisa karena perdarahan, kurang minum sampai dehidrasi karena berbagai sebab, kelelahan atau kurang tidur.

Selain itu, tensi yang rendah juga dapat disebabkan karena gangguan pada jantung baik karena kelainan katup atau serangan jantung bahkan gagal jantung.

"Tapi pada sebagian masyarakat tanpa melihat kenapa tensi darahnya rendah langsung mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Kalau tensi turun karena gangguan jantung makan daging kambing justru akan fatal dan memperburuk keadaan," ucapnya.

Ia juga mengemukakan dampak langsung akibat mengonsumsi daging kambing berlebihan adalah sembelit, dan berpotensi memperparah seseorang yang diketahui menderita penyakit asam lambung. Belum lagi, lanjutnya, efek jangka panjang berupa peningkatan kadar lemak dan kolesterol darah.

"Oleh karena itu hal penting yang harus diperhatikan buat yang siap-siap mengosumsi daging kurban, silahkan mengosumsi daging kurban dan jangan berlebihan. Jangan lupa imbangi banyak makan buah dan sayur mengurangi efek samping dari makan daging berlebihan," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA