Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Gregoria Buat Kejutan dengan Kalahkan Unggulan Pertama

Ahad 27 Aug 2017 18:14 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ratna Puspita

Gregoria Mariska Tunjung - atlet putri bulutangkis pelatnas

Gregoria Mariska Tunjung - atlet putri bulutangkis pelatnas

Foto: Republika/ Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tunggal putri Gregoria Mariska menciptakan kejutan dengan mengalahkan unggulan pertama asal Thailand, Busanan Ongbumrungphan, pada babak perempat final perorangan SEA Games 2017 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad (27/8). Sebagai pemain yang tak diunggulkan, Gregoria mampu mengatasi perlawanan Busanan dengan skor 17-21, 22-20, 21-17. 

Kemenangan ini memperbaiki rekor pertemuan Gregoria atas Ongbumrungphan menjadi 1-2. Di semifinal, Gregoria akan menantang pemain unggulan lain, yakni unggulan empat asal Malaysia, Soniia Cheah. 

Namun, langkah Gregoria tidak diikuti oleh wakil lainnya di tunggal putri. Fitriani, gagal membendung wakil Malaysia, Goh Jin Wei, setelah melalui pertandingan tiga gim dengan skor 21-13, 15-21, 12-12. Goh akan menghadapi Pornpawee Chochuwong asal Thailand. 

Di sektor ganda putra, Indonesia juga sukses menempatkan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di semifinal. Fajar/Rian berhasil mengalahkan pasangan tuan rumah, Goh Sze Fei/Nur Izzudin Rumsani, dengan skor 21-10 21-14. Di semifinal,  pasangan ini akan menghadapi wakil Thailand, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh. 

Dengan keberhasilan Gregoria dan Fajar/Rian, Indonesia menempatkan empat wakil di semifinal nomor perorangan SEA Games 2017. Dua wakil yang sebelumnya lolos yakni tunggal putra Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa. 

Dua tunggal putra Indonesia itu belum terbendung pada laga perempat final. Jonatan menaklukan wakul Singapura, Ng Zin Rei Ryan, dalam dua gim langsung dengan skor 21-13, 21-13. Ihsan mengalahkan lawan dari negara yang sama, Loh Kean Yew, juga melalui dua gim langsung dengan skor 22-20, 21-11.

Di semifinal, Jonatan akan berhadapan dengan wakil Vietnam, Nguyen Tien Minh. Sedangkan Ihsan akan menghadapi unggulan kedua Thailand, Khosit Phetpradab. Kedua pemain tercatat belum pernah berjumpa.

Sementara itu, sektor ganda campuran tak mampu mempertahankan medali emas yang diraih pada SEA Games 2015 di Singapura. Pada ajang kali ini, langkah pasangan Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia, yang menjadi satu-satunya wakil di perempat final, dihentikan oleh unggulan keempat asal Thailand, Bodin Issara/Savitree Amitrapai. Hafiz/Shela kalah dari pasangan Negeri Gajah-Putih itu dengan skor 12-21, 15-21. 

Sebelumnya, Wakil ganda campuran lainnya, Edi Subaktiar/ Gloria Emanuelle Widjaja terpaksa mundur di babak pertama lantaran Edi yang mengalami cedera lutut kiri saat bertanding. Pada SEA Games 2015, sektor ganda campuran meraih medali emas melalui pasangan  Praveen Jordan/Debby Susanto.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA