Ahad 27 Aug 2017 10:43 WIB

Ketua KOBI: Duel McGregor Vs Mayweather Gratis di Indonesia

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Floyd Mayweather (kedua kiri) saat timbang badan jelang duel dengan Conor McGregor.
Foto: EPA-EFE/ARMANDO ARORIZO
Floyd Mayweather (kedua kiri) saat timbang badan jelang duel dengan Conor McGregor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kabar baik bagi para pecinta olahraga tinju dan Mixed Martial Arts (MMA) di Indonesia. Laga tinju dengan label 'Duel Abad Ini' yang mempertemukan bintang MMA Conor McGregor melawan raja tinju dunia Floyd Mayweather, Ahad (27/8) pagi WIB, dapat disaksikan secara bebas.

Awalnya, di Indonesia suguhan laga yang punya nilai hak siar mencapai puluhan juta dollar Amerika Serikat ini cuma bisa disaksikan lewat saluran TV One. Jika tidak, maka pemirsa harus mengunduh sejumlah aplikasi berbayar untuk menyaksikan laga tersebut.

Namun, Ketua Komite Olahraga Beladiri Indonesia (KOBI) Anindra Ardiansyah Bakrie menyatakan, setelah melalui lobi alot yang dilakukan sejak pagi hari tadi, segel hak siar  dari laga McGregor lawan Mayweather dilepas. "Sekarang semua bisa menyaksikan. Baik tv berbayar maupun tv biasa. Ini dipastikan setelah kami mendapatkan kepastian dari pemilik hak siar," kata Ardiansyah  di Jakarta, Ahad.

Ardiansyah mengatakan, tujuan digratiskannya hak siar laga ini agar kegemaran terhadap tinju dan MMA bisa tersalurkan. Menurutnya, masyarakat di negara tempat laga ini digelar, Amerika Serikat, saja justru harus membayar sejumlah uang untuk dapat menyaksikan laga McGregor lawan Mayweather.

"Di sana minimal harus bayar 100 dollar (Rp 1,3 juta) untuk bisa menonton di rumah. Jadi ini suatu keuntungan bagi masyarakat kita," ujarnya.

Ardiansyah berharap, dengan dibukanya hak siar ekslusif laga tersebut, maka olahraga MMA bisa semakin terkenal di Indonesia. "Ada komitmen untuk mengesampingkan kebutuhan komersil demi kepentingan yang lebih luas," kata dia.

Di Indonesia, pertarungan McGregor kontra Mayweather sudah dimulai dengan rangkaian laga pembuka sejak pukul 09.00 WIB.  Duel McGregor melawan Mayweather dilaksanakan di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika. Kedua petarung punya rekor menjanjikan untuk menyajikan duel dahsyat.

McGregor adalah penyandang gelar juara Ultimate Fighting Championship (UFC) kelas Lightweight sejak November 2016 silam. Rekornya adalah 24 kali berlaga, dengan 21 di antaranya lewat KO. Sisanya,  kalah. Namun, kekalahan McGregor terjadi bukan karena angka maupun KO Petarung asal Republik Irlandia hanya kalah karena submission alias kuncian lawan. Di dunia tinju, submission sama sekali tak dibolehkan.

Sedangkan Mayweather adalah raja tinju di kelas Lightweight saat ini. Ia tak pernah sekalipun menderita kekalahan sejak memulai karier perofesional. Rekor petinju 40 tahun ini luar biasa. Yakni, 49 kali main, 49 kali menang dengan 26 diantaranya via K.O.

Saking hebatnya Mayweather, petinju Amerika Serikat ini dijuluki the Money karena ulung mencetak uang lewat sapu bersih kemenangan yang diraihnya. Tak pelak, laga ini pun amat dinantikan oleh seluruh pecinta olahraga baku pukul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement