Sabtu 26 Aug 2017 17:46 WIB

Tontowi/Liliyana Berpeluang Tambah Gelar Juara Dunia

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Foto: Humas PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Pasangan ganda campuran Indonesia unggulan tiga, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke final Kejuaraan Dunia BWF 2017, Sabtu (25/8). Dengan begitu, Tontowi/Liliyana berpeluang mengulangi kesuksesan mereka di Kejuaraan Dunia BWF 2013 lalu dimana mereka menjadi juara dunia.

Melawan pasangan Hong Kong unggulan 10, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah di babak semifinal, Tontowi/Liliyana berinisiatif untuk melakukan serangan terlebih dulu. Lee/Chau malah terlihat tidak siap dengan serangan-serangan Tontowi/Liliyana.

Sejak kedudukan 3-3, perolehan angka Tontowi/Liliyana langsung melesat dengan 8-3 dan 11-6 di paruh gim pertama. Unggul jauh 15-6, Lee/Chau sempat memperkecil ketertinggalan dengan 17-14. Tontowi/Liliyana tidak membiarkan pasangan Lee/Chau semakin berkembang. Tontowi/Liliyana mencuri gim pertama dengan 21-16.

Dominasi permainan Tontowi/Liliyana terus dilanjutkan di awal gim kedua. Tontowi/Liliyana langsung memimpin dengan 4-0 dan 8-2. Namun Lee/Chau sempat menempel perolehan angka Tontowi/Liliyana dengan 9-8. Tontowi/Liliyana unggul 11-8 di paruh gim.

Tontowi/Liliyana terus meningkatkan serangan ke daerah pertahanan Lee/Chau. Perolehan angka Tontowi/Liliyana semakin tidak terkejar dengan 14-9, 16-13 dan memenangkan pertandingan dengan 21-13. Rekor pertemuan pun menjadi 5-2 untuk keunggulan Tontowi/Liliyana.

Dengan kemenangan ini, Tontowi/Liliyana melaju ke babak final yang akan menunggu pemenang antara unggulan pertama dari Cina, Zheng Siwei/Chen Qingchen melawan unggulan lima dari Inggris yang menjadi tuan rumah, Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement