Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Jalan Kaki 10 Menit Per Hari Jaga Tubuh Tetap Sehat

Kamis 24 Aug 2017 16:37 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani

Berjalan kaki, salah satu cara melangsingkan tubuh

Berjalan kaki, salah satu cara melangsingkan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Berjalan kaki setidaknya 10 menit setiap hari ternyata menyimpan segudang manfaat yang luar biasa. Public Health England (PHE) membeberkan sejumlah fakta kesehatan dari rutinitas berjalan kaki.

Dikutip dari laman Independent Kamis (24/8), dengan rajin berjalan kaki tubuh akan menjadi lebih bugar. Selain itu berjalan kaki bisa memperbaiki suasana hati, merampingkan badan, dan mengurangi risiko kematian di usia muda hingga 15 persen.

Berjalan kaki tidak mensyaratkan keahlian khusus. Dalam laporan yang ditulis PHE, berjalan kaki lebih mudah diterima dan dilakukan dibandingkan jenis olahraga lainnya.

Dr. Jenny Harries yang menjadi deputi medis di PHE mengatakan berjalan dengan lincah selama 10 menit membantu memperbaiki kualitas hidup seseorang. "Ketika anda menuju toserba atau mencari makan siang lakukanlah itu semua dengan berjalan kaki," ujarnya memberi saran.

Namun meski terdengar sepele nyatanya tidak semua orang mau dan mampu melakukannya. Riset PHE menunjukkan 41 persen warga Inggris usia 40 sampai 60 tahun berjalan kaki kurang dari 10 menit per hari.

Berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan Inggris pada 2011, orang-orang dewasa di negeri Ratu Elizabeth ini dianjurkan berjalan kaki sedikitnya 150 menit dalam sepekan. Tetapi hasil penelitian PHE baru-baru ini mengungkap bahwa rata-rata orang dewasa di Inggris hanya berjalan kaki kurang dari 30 menit per pekan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA