Rabu 23 Aug 2017 18:27 WIB

Polines Raih Peringkat Tiga Politeknik Terbaik di Indonesia

Rep: Bowo Priadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Politeknik Negeri Semarang
Politeknik Negeri Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Semarang (Polines) boleh berbangga. Lembaga pendidikan tinggi vokasi ini menempati peringkat ke-tiga politeknik terbaik nasional. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) baru- baru ini kembali merilis daftar pemeringkatan perguruan tinggi (PT) di tanah air.

“Untuk kelompok politeknik, tahun ini Polines masuk tiga besar,” ungkap Direktur Polines Supriyadi di Semarang, Rabu (23/8).

Untuk lebih mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi melalui revitalisasi politeknik, maka klasterisasi perguruan tinggi Indonesia pada tahun 2017 ini digolongkan dalam dua kelompok. Masing- masing  kelompok Politeknik dan  kelompok non-politeknik, untuk universitas, institut, dan lainnya. Dari daftar rilis pemeringkatan 10 perguruan tinggi (PT) Politeknik Terbaik se-Indonesia tahun 2017, menempatkan Polines di peringkat ke-tiga.

“Dalam daftar pemeringkatan tersebut, kami (red; Polines) berada di bawah peringkat pertama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Pens) serta Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) di peringkat ke-dua,” kata dia.

Ia juga menyampaikan, dengan peringkat ini Polines berhasil mempertahankan posisi yang pernah diraih pada pemeringkatan perguruan tinggi tahun 2015.

Tahun ini, Polines menduduki peringkat ke-tiga Politeknik terbaik pada klaster I dengan skor 1,96. Sedangkan pada aspek penelitian dan pengabdian masyarakat, Polines berhasil menduduki peringkat pertama. Sedangkan dalam aspek kelembagaan berhasil meraih peringkat ke-tiga.

Pemeringkatan ini didasarkan atas beberapa kriteria penilaian. Diantaranya Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) dalam hal ini jumlah mahasiswa dan jumlah dosen.

Kriteria lain meliputi penelitian dan pengabdian masyarakat, kemahasiswaan, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dalam hal akreditasi institusi, Database Scopus serta Kelembagaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement