Rabu 23 Aug 2017 18:15 WIB

RSGM Unair Surabaya Dilengkapi IGD 24 Jam

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
UNiversitas Airlangga
Foto: studiosakrip.com
UNiversitas Airlangga

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, kini dilengkapi fasilitas instalasi gawat darurat (IGD) yang siap beroperasi 24 jam. Keberadaan IGD RSGM Unair 24 jam diresmikan Wakil Rektor bidang Kerja Sama Bisnis Unair, Junaidi Khotib, Rabu (23/8).

Bersamaan dengan peresmian IGD 24 jam, juga diluncurkan layanan bedah sentral dan instalasi rawat inap.

Direktur RSGM, RM Coen Pramono Danudiningrat, mengatakan peresmian fasilitas ini merupakan upaya pengembangan sarana prasarana rumah sakit. Setelah sebelumnya, pada 1 Desember 2016, RSGM Unair memperoleh izin operasional tetap dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Kami sudah maju satu langkah dengan menjalankan IGD 24 jam secara penuh. Operasionalisasi RSGM Unair bisa berjalan karena dukungan dari Universitas dan RSUD dr Soetomo," jelas Coen, dalam siaran pers.

Profesor bedah mulut dan maksilofasial tersebut menambahkan, RSGM Unair juga menjadi wahana bagi mahasiswa dokter gigi umum dan spesialis untuk menempuh pendidikan profesi. Kebijakan tersebut seiring dengan perubahan paradigma pendidikan dokter gigi berbasis poliklinik menjadi rumah sakit.

"Sehingga anak-anak lulusan kami diharapkan semakin memahami bahwa problem kesehatan manusia itu tidak hanya di mulut tetapi seutuhnya dari rambut hingga ujung kaki," ujarnya.

Wakil Rektor IV Unair, Juanidi, mengungkapkan keberadaan RSGM Unair diharapkan menjadi rumah sakit pendidikan yang diminati para pakar untuk melakukan riset demi perbaikan pelayanan kesehatan. "Selain secara reguler melayani pasien gigi dan mulut, sebaiknya ada unggulan yang dirancang demi pelayanan yang lebih baik. RSGM harus bisa menjadi tempat para ahli untuk memberikan upaya lebih baik di bidang kesehatan," kata Junaidi.

Peresmian IGD dihadiri oleh Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum Daerah dr Soetomo, dr Tri Wahyu Martanto, Wakil Dekan I Unair Anita Yuliasari, dan Direktur Utama Airlangga Health Science Institute Nasronuddin.

Meski baru mendapat izin operasional tetap pada 1 Desember 2016, RSGM Unair sebetulnya telah beroperasi sejak 2002. Bentuknya berubah-ubah mulai dari balai pengobatan gigi hingga poliklinik. Saat menjadi RSGM dengan izin sementara, para dokter juga pernah melakukan operasi bedah mulut terhadap pasien asal Bima, Nusa Tenggara Barat.

RSGM dilengkapi berbagai fasilitas unggulan. Seperti fasilitas rawat inap yang terdiri dari tiga unit tempat tidur dewasa untuk kelas tiga, dua unit tempat tidur dewasa untuk kelas satu, dan dua unit tempat tidur anak. IGD juga dilengkapi satu unit tempat tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement