Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Avanza-Xenia Masih Kuasai Pasar Mobkas MPV

Selasa 22 Agu 2017 18:56 WIB

Red: Hiru Muhammad

Pegawai mengelap mobil yang dipajang salah satu showroom di pusat penjualan mobil bekas Mangga Dua, Jakarta, Rabu (2/7).(Republika/ Wihdan).

Pegawai mengelap mobil yang dipajang salah satu showroom di pusat penjualan mobil bekas Mangga Dua, Jakarta, Rabu (2/7).(Republika/ Wihdan).

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pasar mobil bekas (mobkas) masih menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat karena dinilai memiliki harga lebih terjangkau dibanding mobil baru. Selain itu, uang muka (down payment) yang harus dibayarkan konsumen juga cukup rendah. 

"Mobil bekas selalu dijadikan opsi kedua jika mobil baru terlalu mahal," ujar CEO Carmudi.co.id, Rafael Jeffry Anwar melalui keterangan tertulisnya, Senin (21/8).  Karena itulah pasar mobkas di Indonesia, tetap tumbuh positif karena sudah memiliki target konsumen tersendiri. Sejatinya, ada dua karakter konsumen mobkas di Indonesia, yaitu konsumen yang memang hobi dengan otomotif, dan keluarga baru yang ingin mempunyai kendaraan.

Kehadiran kendaraan multi purpose vehicle (MPV) di kelas middle low end seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, tidak akan menganggu pasar mobil bekas karena harganya jauh berbeda. Sebelum masuk ke Indonesia Wuling sudah menyiapkan jaringan purnajualnya di seluruh Indonesia.  Mereka belajar dari pengalaman dari pabrikan negeri Jiran. Butuh waktu setahun ke depan, untuk merek itu berkembang. Mungkin pasar akan beralih ke Mitsubishi atau Wuling setelah durabilitas kedua produk tersebut teruji seperti halnya Avanza atau Xenia.

Berdasarkan data divisi penelitian dan pengembangan (Litbang) Carmudi.co.id, hingga saat ini pasar mobil bekas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia belum terkalahkan, alias masih nomor satu.  Penjualan mobkas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih di atas 65 persen. Disusul merek lain, masih di kelas MPV seperti Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina bekas. "Kami pikir Avanza dan Xenia masih akan tetap bertahan," kata Jeffry.  

Dalam rangka kemerdekaan Republik Indonesia Carmudi.co.id bekerjasama dengan Mandiri Tunas Finance (MTF) mengadakan program spesial berupa pemberian voucher kepada konsumen untuk transaksi yang memanfaatkan pembiayaan dari MTF selama bulan Agustus 2017.

Program ini berlaku untuk unit kendaraan yang bertanda khusus "Voucher 2,5jt" di situs Carmudi Indonesia dan berada di area Jabodetabek. Konsumen dapat melihat unit kendaraan yang ikut serta dalam program ini di situs resmi carmudi.co.id.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA