Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Mahyudin Bangga Gunakan Pakaian Adat

Kamis 17 Aug 2017 19:38 WIB

Rep: singgih wiryono/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Mahyudin

Wakil Ketua MPR Mahyudin

Foto: dok. MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR-RI, Mahyudin mengungkapkan kebanggaannya bisa menggunakan pakaian adat daerah asalnya saat menghadiri peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Istana Negara. Mahyudin beserta Istrinya Agati Sulie yang duduk di jajaran kursi VVIP. Mahyudin terlihat mengenakan pakaian adat Kutai, sedangkan Agati terlihat anggun mengenakan pakaian tradisional Dayak.

“Saya lahir dan besar di Sangatta, bagian dari Kutai sebelum menjadi kabupaten sendiri, Kutai Timur. Inilah saatnya saya sebagai pimpinan MPR perkenalkan tradisi dan budaya Kutai ke nasional dan dilihat dunia internasional” kata Mahyudin dalam keterangan tertulis, Kamis (17/8).

Sementara istrinya, Agati mengenakan pakaian adat dari tanah kelahirannya di Palangkaraya. Pakaian dengan kombinasi warna mencolok dan ukiran khas Dayak membuat penampilan anggota DPR asal Kalimantan Tengah ini tampak serasi dengan suaminya. “Saya berharap apa yang kami tampilkan dapat merepresentasikan keragaman budaya Borneo” ujar Mahyudin.

Di lokasi acara tampak pimpinan DPR/MPR lainnya pun mengenakan pakaian adat. Ketua MPR; Zulkifli Hasan mengenakan pakaian Lampung. EE Mangindaan dan istri mengenakan pakaian Sulawesi Utara. Dan, Hidayat Nur Wahid mengenakan pakaian Betawi.

Dalam undangan dari Kementerian Sekretaris Negara,sebagai bentuk nasionalisme tamu diminta mengenakan pakaian tradisional modern. Sehingga, para tamu yang datang mengenakan berbagai macam pakaian adat dari Sabang sampai Merauke.

Para pimpinan lembaga tinggi negara dan menteri-menteri Kabinet Kerja beserta pasangannya pun demikian. Seperti diketahui, di sidang tahunan MPR kemarin Rabu (16/8), Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri, juga mengenakan pakaian adat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler