Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Mengamuk Di Jalak Harupat, Persib Bantai PS TNI

Sabtu 05 Aug 2017 20:59 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ratna Puspita

Suasana di Stadion Si Jalak Harupat, Soreng, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/8) jelang kick off Persib Bandung vs PS TNI.

Suasana di Stadion Si Jalak Harupat, Soreng, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/8) jelang kick off Persib Bandung vs PS TNI.

Foto: Republika/Febrian Fachri

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Maung Bandung 'mengamuk' di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/8). Menjamu PS TNI untuk pekan ke 18 Liga 1, Persib Bandung menang dengan skor 3-1. 

Raphael Maitimo berhasil menyarangkan dua gol yakni di menit 16 dan menit 64. Satu lagi gol dicetak marquee player Michael Essien di menit 20. Gol balasan TNI dicetak oleh Sansan Fauzi di menit 89.

Tambahan tiga angka mengangkat posisi Persib ke peringkat 13 dengan nilai 24. Sementara The Warrior turun dari peringkat tujuh ke posisi 10 dengan nilai 25.

Sejak wasit asal Australia Evans Shaun Robert meniupkan peluit tanda kick off dimulai, Persib langsung mengambil inisiatif serangan. Maung Bandung terlihat benar-benar betekad bangkit setelag hanya finis di peringkat 15 pada klasemen akhir paruh musim.

Kombinasi lini tengah Persib yang menurunkan Kim Kurniawan, Dedi Kusnandar dan Michael Essien bermain efektif dalam mengalirkan pola untuk para penyerang Persib. Keriuhan di Stadion Jalak pecah tatkala Kim melakukan pergerakan ciamik dari lapangan tengah. 

Pemain darah campuran Indonesia-Cina-Jerman itu melewati beberapa gelandang TNI dan kemudian melepaskan umpan terobosan kepada Febri Hariyadi yang berlari kencang dari sisi sayap kanan. Febri yang tak terkawal usai meninggalkan bek kiri TNI Agil Munawar melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti menuju Raphael Maitimo. 

Maitimo yang berdiri bebas di mulut gawang tinggal menyentuh bola sedikit saja dengan lututnya untuk menjebol gawang TNI yang dijaga kiper Teguh Amiruddin. Gol Maitimo disambut meriah oleh sekitar dua ribu penonton yang mengisi tribun Stadion Jalak Harupat.

Empat menit kemudian, Persib kembali melakukan selebrasi. Kali ini pemain mahal asal Ghana Michael Essien yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 20. Bekas pemain Chelsea dan Real Madrid tersebut dengan cermat menyundul bola sepak pojok yang diambil Febri. 

Sundulan Essien begitu tajam menghujam gawang Teguh. Nama Eseien pun menggema di seantero Jalak Harupat. Ini adalah gol ketiga Essien untuk Persib di Liga 1. Dengan kata lain gol kedua Essien ke gawang TNI musim ini.

Essien layak disebut sebagai bintang lapangan selama babak pertama. Gelandang 34 tahun itu hampir saja membawa Persib unggul 3-0 pada menit ke 30. 

Kerja sama satu duanya dengan Maitimo mampu mengobrak abrik pertahanan pasukan Ivan Kolev. Essien mengakhiri pergerakan cantiknya dengan sepakan keras tepat ke arah gawang. 

Sayangnya kali ini Teguh mampu menepis dan bola melenceng ke sisi kanan gawang. Skor 2-0 bertahan untuk keungggulan Persib sampai babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Persib tidak mengendorkan serangan. Di tiga menit pertama babak kedua Persib mendapat dua peluang lewat Febri. Aksinya selalu bisa digagalkan oleh Teguh.

TNI tidak tinggal diam. Anak-anak asuh pelatih Ivan Kolev hampir saja memperkecil ketinggalan pada menit 51. 

Ahmad Nufian lepas dari kawalan dan tinggal berhadapan dengan Made. Tapi kiper Persib asal Bali itu sukses memblok dan bola melambung ke udara, kemudian disapu keluar oleh bek Persib.

Maitimo kembali menghebohkan Stadion Jalak Harupat pada menit ke 64. Berawal dari aksi lari kencang Febri di sayap kanan usai mendapat umpan matang dari rekannya di lini tengah. 

Febri kemudian melepaskan umpan lambung ke kotak penalti yang sudah dinanti Raphael Maitimo dan Essien. Maitimo memenangkan duel udara dan menyunduk dengan tajam tanpa bisa dihentikan oleh Teguh. Skor 3-0 untuk Persib.

Maitimo nyaris saja mencatatkan hattrick malam ini. Ia mendapatkan dua peluang emas pada menit 76 dan menit 79. Sayang, ia selalu gagal ketika tinggal berhadapan dengan kiper TNI.

Tim tamu akhirnya berhasil memperkecil keadaan menjadi 3-1 pada menit 89. Sansan Fauzi mencetak gol usai pemain TNI membuat kemelut di gawang Made. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA