Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Ketua MPR: Umat Islam tak Mungkin Mengganti Pancasila

Sabtu 05 Aug 2017 13:47 WIB

Red: Ilham Tirta

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Foto: Mpr

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menegaskan, umat Islam tidak akan mungkin mengganti ideologi Negara Indonesia, Pancasila, dengan ideologi lain. "Kalau umat Islam ingin mengganti NKRI, menghapuskan Pancasila, itu gombal, dan ingin menghapuskan peran umat Islam dalam memperjuangkan negeri ini," kata Zulkifli, saat melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Pondok Pesantren AL-Quran Babussalam, Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/8).

Menurut dia, para pendiri bangsa telah meletakkan fondasi berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. "Ini warisan yang ditinggalkan para pendiri bangsa, termasuk para kiai, ulama, dan santri," katanya.

Ia pun meminta semua pihak untuk menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Jangan ada lagi stigmanisasi pancasilais dan tidak pancasilais atau, toleran dan intoleran. "Melaksanakan ajaran agama itu pancasilais. Ke masjid sesuai ajaran agamanya, itu pancasilais. Yang ke gereja sesuai ajaran agamanya, itu pancasilais. Apakah dia Islam, Kristen, Hindu, Budha, tapi jual narkoba, itu tidak pancasilais. Jadi ini bukan agamanya, tapi perilakunya," katanya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau bila perbedaan sikap politik, maka harus diselesaikan secara musyawarah dan mufakat. Bukan saling hujat bahkan memfitnah. "Perilaku, sikap, kalau ada perbedaan itu musyawarah mufakat. Karena Pancasila itu mepersatukan, bukan memecah belah," kata Zulkifli.

Dalam kunjungan kerjanya di Kota Bandung, Ketua MPR juga melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung. Zulkifli Hasan di hadapan para ulama mengatakan, mengutuk tindakan Israel yang menistakan Palestina merupakan sebuah perilaku pancasilais. "Kita harus memanusiakan manusia dengan adil dan beradab. Mengutuk tindakan Israel kepada Palestina, bukan hanya persoalan agama, tapi kemanusiaan," ujarnya.

Zulkifli menambahkan, sesama warga Indonesia harus saling melindungi dan tidak menghiraukan orang yang ingin adanya perpecahan. "Umat Islam jangan mau diadu domba di antara sesama. Ada orang yang akan mengambil keuntungan dengan perpecahan, seperti Arab Saudi dan Qatar. Amerika mengambil keuntungan dengan konflik kedua negara Islam ini," ujarnya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler