Rabu 02 Aug 2017 19:41 WIB

Cara Menghentikan Mata Berkedut

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan mata.
Foto: Wikimedia
Kesehatan mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bila mata sedang berkedut, dan ingin menghentikannya ada sejumlah cara yang bisa ditempuh. Stimulasi berlebihan dari otot mata menjadi penyebab mata berkedut. Hasil overstimulasi ini menghasilkan kontraksi otot yang tidak disengaja di mata.

Seperti dilansir dari laman Health, Rabu (2/8), Dr Donny Suh, MD, profesor di Truhlsen Eye Institute di University of Nebraska Medical Center di Omaha mengatakan perubahan gaya hidup seringkali bisa mengatasi kedutan mata. Tapi sangat membantu untuk mengetahui penyebab pastinya.

"Jika Anda menduga bahwa stres atau kelelahan adalah penyebabnya, pastikan Anda banyak menutup mata, berlatih  kebersihan tidur yang baik , dan cobalah teknik relaksasi (seperti meditasi atau yoga)," ujarnya.

Selain itu, bisa juga dengan membatasi konsumsi kafein dan alkohol juga bisa membuat perbedaan. Jika kedutannya terkait dengan mata kering, air mata buatan yang tersedia bebas bisa membantu meredakan gejala.

Dr Suh juga menekankan pentingnya membatasi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk melihat layar elektronik. Ia menyarankan untuk memberikan istirahat setiap 10 menit. Untuk mengendurkan otot mata, tutup mata Anda sebentar, lalu lihat benda yang jauh. Anda harus melakukan hal yang sama saat membaca buku, atau sewaktu Anda memusatkan perhatian pada mata Anda.

"Ini hanya akan memakan waktu 10 sampai 15 detik, jadi tidak punya waktu bukanlah alasan yang baik," kata Dr. Suh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement