Rabu 02 Aug 2017 14:29 WIB

Warna Urine Ini Jadi Tanda Gagal Ginjal

Tes urin merupakah salah satu deteksi dini yang sederhana untuk mengetahui gagal ginjal.
Foto: corbis
Tes urin merupakah salah satu deteksi dini yang sederhana untuk mengetahui gagal ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, Warna urine kemerahan bisa menjadi tanda terjadinya gagal ginjal. "Berubahnya warna urine menjadi kemerahan dalam waktu lama, hal ini mengindikasikan adanya darah. Biasanya urine akan berbusa karena adanya protein," ujar spesialis nefrologi Dr. Cahyani Gita Ambarsari.

Selain itu, tangan, kaki, dan area sekitar mata membengkak. Penderita juga tak nafsu makan dan frekuensi buang air kecilnya menurun, bahkan meningkat. Tanda lainnya adalah pusing karena tekanan darah yang tinggi, gejala seperti flu, mual, muntah, lesu, dan kelelahan.

"Apabila menunjukkan gejala-gejala tersebut, harus segera dibawa ke spesialis nefrologi agar dapat diberikan perawatan yang sesuai," kata Gita.

Gagal ginjal biasanya disebut dengan silent disease karena gejala awalnya sulit untuk diketahui. Kondisi ini berlangsung di sepanjang hidup dan tidak dapat disembuhkan. Namun, beberapa tipe dari gagal ginjal dapat dilakukan perawatan, terutama jika diketahui lebih awal. Oleh karena itu, penting mengenali gejala awal gagal ginjal dan faktor risikonya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement