Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

'Indonesia Terancam Intervensi Asing'

Senin 31 Jul 2017 09:37 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Surabaya, Jawa Timur Ahad (30/7).

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Surabaya, Jawa Timur Ahad (30/7).

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID,⁠⁠⁠ SURABAYA --  Wakil Ketua MPR Oesman Sapta memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR, di Surabaya, Jawa Timur Ahad (30/7). Dia menuturkan Indonesia saat ini sedang terancam oleh intervensi asing.

"Asing sedang berupaya menghancurkan negara kita," ujarnya.

Ancaman itu disebutkan, seperti adanya keinginan untuk menguasai sumber daya alam yang ada, batu bara, emas, dan materi tambang lainnya. "Ada upaya besar-besaran untuk mengekspor batu bara," ujarnya.

Akibat yang demikian, menurut Oesman Sapta, mengakibatkan Indonesia kekurangan energi. "Kita kekurangan listrik jadinya," ujar dia.

Oesman Sapta menyarankan seharusnya produk batu bara diproses di dalam negeri hingga produk akhir. Ancaman yang lain diungkapkan oleh Oesman Sapta adalah, keinginan kekuatan asing merebut sektor-sektor ekonomi. Narkoba yang merajalela saat ini, disebut Oesman Sapta juga sebagai sarana untuk menghancurkan Indonesia.

"Narkoba ancaman bangsa dengan menyasar anak-anak muda," ungkapnya.

Untuk menangkal ancaman-ancaman tersebut, menurut Oesman Sapta, adalah dengan memegang teguh Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Narkoba tak mampu menyerang orang yang memegang teguh Empat Pilar," ujarnya. "Bila tak ada Empat Pilar negara ini hancur," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Oesman Sapta menyebut masalah asal usul, warna kulit, dan perbedaan yang lain yang ada di Indonesia sudah selesai. Keragaman yang ada di Indonesia bukan barang yang baru. Oesman Sapta mengungkapkan pada zaman Nabi dulu juga ada keragaman namun keragaman itu bisa disatukan oleh Nabi dalam hidup saling menghormati dan menghargai.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler