Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Pertamina Kembangkan 'Sekolah Mangrove' di Indramayu

Sabtu 29 Jul 2017 16:03 WIB

Red: Satria K Yudha

Pertamina RU VI Balongan menggelar Eco Outbound untuk pelajar sekolah dasar di Arboretum Mangrove, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (29/7).

Pertamina RU VI Balongan menggelar Eco Outbound untuk pelajar sekolah dasar di Arboretum Mangrove, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (29/7).

Foto: satria k yudha

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- PT Pertamina (Persero) melalui unit pengolahan atau refinery unit (RU) VI Balongan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) lingkungan di sekolah dasar di Indramayu, Jawa Barat (Jabar). Ekskul tersebut berfokus pada edukasi mengenai hutan mangrove. 

Head of Communication and Relation RU VI Balongan Rustam Aji mengatakan, kegiatan ekskul tersebut dikembangkan dengan menggandeng mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang sedang menjalankan program kuliah kerja nyata. Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadikan sekolah-sekolah dasar di Indramayu menjadi 'sekolah mangrove'.

Rustam menjelaskan, kegiatan ekstrakulikuler tematik mengajarkan tentang pengetahuan mangrove, cinta lingkungan pesisir, manfaat hutan mangrove, serta kampanye lingkungan hidup sejak dini kepada anak-anak kelas empat hingga enam SD. Kegiatan ekskul juga diisi dengan pembibitan mangrove di masing-masing sekolah. 

"Bibit tersebut kemudian ditanam langsung anak-anak di kawasan Pantai Karangsong agar mereka mengetahui siklus hidup mangrove melalui praktek langsung," kata Rustam di kawasan Arboretum Mangrove, Karangsong, Indramayu, Sabtu (29/7). 

Rustam menyebut, konsep 'sekolah mangrove' awalnya hanya diterapkan di tiga SD di kawasan Karangsong. Tapi kini sudah diadopsi di 11 sekolah lainnya. 

Pertamina juga mengajak langsung para siswa-siswi SD berwisata sambil belajar di Arboretum Mangrove. Arboretum Mangrove merupakan kawasan hutan mangrove yang dibangun khusus oleh Pertamina untuk kegiatan pembibitan dan edukasi mengenai tumbuhan mangrove. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Pertamina.

"Kegiatan ini diharapkan semakin memperkaya pengetahuan anak-anak tentang keragaman jenis tanaman mangrove yang memiliki banyak manfaat seperti penahan abrasi, menghidupkan ekosistem mangrove, serta penyerap karbon yang mampu  mengurangi pemanasan global,” jelas Rustam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA