Kamis 27 Jul 2017 10:45 WIB

Minum Banyak Air Putih Bisa Cegah Batuk

Rep: Desy Susilawati/ Red: Esthi Maharani
Obat batuk sirup.
Foto: Flickr
Obat batuk sirup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anda bisa mencegah datangnya batuk dengan perbanyak minum air putih. Konsultan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, DR dr Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K), menjelaskan penyebab batuk dan radang tenggorokan tersering adalah infeksi jalan napas atas yang dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Virus atau bakteri tersebut menghasilkan lendir yang mengiritasi jalan napas.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi banyak air putih atau bisa juga dengan konsumsi madu. Hindari pula asap rokok. Selain itu untuk mencegah batuk bisa juga dengan menghindari makanan kurang sehat.

"Makanan yang berminyak seperti goreng-gorengan, makanan yang rasanya berlebihan misalnya terlalu pedas, terlalu asam perlu dihindari," katanya, Rabu (26/7).

Ia juga mengatakan mengkonsumsi obat batuk memang dapat membantu memperlancar dan melegakan proses bernapas. Obat batuk bisa dipakai untuk meredakan gejala batuk agar kita merasa nyaman. Tetapi, jika gejala batuk berubah menjadi kronis dan menimbulkan demam, bahkan membuat Anda batuk tak berhenti, sebaiknya cepat mencari pertolongan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement