Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Tips Memilih dan Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Tunggangan Kesayangan Tetap Prima

Kamis 27 Jan 2022 03:34 WIB

Red: Hiru Muhammad

Memilih dan merawat rantai secara tepat akan membantu memperpanjang usia rantai dan performa tunggangan anda

Memilih dan merawat rantai secara tepat akan membantu memperpanjang usia rantai dan performa tunggangan anda

Foto: istimewa
Mencari tipe rantai motor yang tepat bagi tunggangan terkadang gampang susah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Rantai pada sepeda motor memiliki peran vital karena  menghubungkan mesin dengan roda belakang sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang dibutuhkan. Karena itu diperlukan pemahaman yang benar dalam memilih dan merawat rantai kendaraan roda dua agar mampu menghasilkan akselerasi prima dan mudah perawatannya.

Menurut Rizky Reza Saputra, Sales Marketing DID Indonesia ada beberapa hal penting yang perlu diketahui untuk merawat rantai tunggangan kesayangan anda. Pertama, bersihkan rantai dengan air dan sikat yang lembut. Setelah bersih dilanjutkan dengan menggunakan spray chain lube dan chain cleaner. Membersihkan rantai dengan solar tidak disarankan karena akan merusak seal yang ada di rantai.

Baca Juga

Kedua, membersihkan rantai bisa dilakukan secara berkala yakni ketika pemakaian telah mencapai 500 kilometer dan kelipatannya. Namun, hal itu berlaku untuk pemakaian normal menempuh rute jalan biasa. Sedangkan bila melalui jalan yang berlumpur setelah sampai tujuan hendaknya rantai segera dibersihkan. Hal ini diperlukan agar rantai tidak cepat aus mengingat di dalam rantai mengandung material penting yang dapat mempengaruhi kinerja sepeda motor.

Ketiga, waspadai rantai yang kendor atau kering. Rantai kendor akan membuatnya mudah putus. Apabila hal itu terjadi ketika sepeda motor sedang melaju dengan kecepatan tinggi, tentunya sangat membahayakan pengendaranya karena potongan rantai bisa saja menganjal velg roda belakang yang sedang berputar kencang.  Selain itu rantai yang sudah aus dapat diketahui dari gear roda belakang yang sudah tajam. Gear yang tajam ini apabila dibiarkan akan mengikis rantai sehingga rantai cepat aus dan tidak berfungsi normal. 

Sedangkan untuk mencari tipe rantai motor yang tepat terkadang gampang susah. Namun,  DID Indonesia menyediakan fitur "Cari Rantai" di dalam website resmi ngkbusi.com/did. Banyak pertanyaan dari para konsumen tentang tipe rantai apa saja yang cocok diaplikasikan untuk motor mereka, maka kami menambahkan fitur Cari Rantai di dalam situs kami agar konsumen lebih mudah menentukan rantai apa saja yang sesuai dengan spesifikasi motornya," kata Ardhieta Wicaksana sebagai Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia, Rabu (26/1).

NGK Busi Indonesia saat ini memegang izin distribusi rantai motor aftermarket DID di Indonesia secara resmi di Tanah Air. Dengan fitur Cari Rantai ini, para pengguna motor bisa dengan mudah mendapatkan rekomendasi tipe rantai motor terbaik DID yang tersedia di Indonesia. Tidak hanya jenis rantai motor standar, informasi produk dan ukuran rantai motor DID yang lain seperti rantai mesin, paket gear set yang terdiri dari rantai motor dan gir depan-belakang hingga pilihan rantai custom warna-warni untuk modifikasi dan spek balap pun dapat dijumpai. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA