Kamis 08 Nov 2018 17:29 WIB

Tips Saat Membiayai Cicilan Mobil

Jangan berhemat dalam pembayaran uang muka.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Mobil baru.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Mobil baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencicil mobil bisa membuat penggunanya stres, dan akhirnya bisa membuat kesalahan yang merugikan dalam jangka panjang. Untuk itu Anda dapat belajar untuk menghindari kesalahan umum, dan mendapatkan kesepakatan terbaik. Berikut beberapa tipsnya dilansir dari laman Autoblog, Kamis (8/11).

Jangan berhemat dalam pembayaran uang muka

Mungkin terlihat pintar untuk melewati pembayaran uang muka, tetapi tidak ada uang untuk pembiayaan selalu lebih mahal.

Jangan terlalu lama mengambil jangka waktu pinjaman

Jika Anda mengambil pinjaman yang lebih panjang untuk menurunkan pembayaran bulanan, Anda mungkin akan membayar lebih banyak daripada harga mobil.

Jangan abaikan skor kredit Anda

Jangan percaya dealer yang mengatakan skor kredit Anda tidak masalah. Orang-orang dengan kredit macet membayar lebih banyak dalam bunga pinjaman, dan orang-orang dengan kredit yang bagus mungkin memenuhi syarat untuk suku bunga yang sangat rendah. Untuk mendapatkan kesepakatan paling adil, ketahui skor kredit Anda, dan semua promosi sebelum masuk ke dealer.

Jangan tertipu pinjaman suku bunga variabel

Pinjaman dengan suku bunga variabel membuat Anda membayar bunga yang lebih sedikit pada awalnya. Tetapi, jika suku bunga tiba-tiba melonjak dan penghasilan tidak, Anda bisa gagal dalam pembayaran dan merusak kredit.

Jangan mengambil pinjaman pertama yang Anda tawarkan

Selalu bandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh bank, credit union, pemberi pinjaman online, dan dealer. Pilih salah satu yang paling menghemat

Jangan lewatkan keuntungan pra-persetujuan

Jangan lewatkan kesempatan mendapatkan pra-disetujui untuk pinjaman. Dengan pra-persetujuan, kreditur memberi Anda seluruh jumlah untuk menutupi biaya kendaraan. Itu berarti Anda dan dealer perlu bernegosiasi mengenai harga jual kendaraan.

Jangan menggulirkan pajak dan biaya ke dalam pinjaman

Sangat menggoda untuk menggulirkan biaya dan pajak ke dalam pinjaman, tetapi kemudian, Anda membayar bunga pada mereka. Yang terbaik adalah membayar semua biaya di muka dengan uang muka Anda. Jika ada biaya yang tidak jelas, tanyakan.

Jangan takut untuk berkata tidak. Anda mungkin akan ditawarkan tanbahan yang ekstra mahal, seperti asuransi gap, undercoating, atau perpanjangan garansi. Dengan jumlah persiapan dan riset yang tepat, Anda akan menghindari kesalahan-kesalahan ini, menghemat uang, dan mengemudi mobil baru dalam waktu singkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement