Ahad 20 May 2018 21:49 WIB

Ini yang Perlu Diperhatikan Pemudik Roda Dua

Setiap bulan pengendara motor di Indonesia membeli lebih dari tiga juta ban.

Red: EH Ismail
Pemudik motor
Foto: Republika/Prayogi
Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tradisi masyarakat Indonesia untuk pulang kampung atau mudik lebaran cukup tinggi. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksikan, jumlah pemudik menggunakan sepeda motor mencapai 6,39 juta orang tahun ini.

Dari angka tersebut, sepeda motor masih menjadi alat transportasi utama pemudik. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia mencapai 105 juta pada 2016. Karena itu, Pemerintah Indonesia ditantang untuk melancarkan tradisi mudik agar semakin baik setiap tahun.

Melihat tren tersebut, diperlukan layanan perawatan motor yang tepat bagi pengendara motor, baik sebelum, selama, dan sesudah mudik. Sebelum mudik dimulai, pengguna motor dianjurkan memeriksa terlebih dahulu kondisi motornya. Ini penting untuk menghindari kerusakan di tengah perjalanan.

“Apalagi, pemudik harus melakukan perjalanan jauh dengan motor,” kata Direktur Komersial Planet Ban Deden Hendra Sakti di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Deden, setiap bulan pengendara motor di Indonesia membeli lebih dari tiga juta ban motor. Planet Ban sebagai perusahaan ritel modern tak hanya menawarkan produk ban, tapi juga oli motor, aki motor, hingga kanvas rem. Pihaknya juga menyediakan Layanan Bantu bagi para pemudik yang memiliki masalah ban, oli, atau aki di tengah perjalanan.

Jika aki bermasalah atau ban bocor di wilayah Jabodetabek, pemudik bisa langsung mencari layanan informasi melalui aplikasi Whatsapp atau membuka laman planetban. Dalam 30 menit, petugas mekanik resmi akan tiba ke area untuk memberikan perbaikan oli atau ban bocor.

“Permasalahan teknis seperti ini masih menjadi kendala bagi para pemudik walaupun kondisi kendaraan kendaraan prima. Nah, kami ingin menjadi Teman Mudik 2018 yang bisa diandalkan,” kata Deden. 

Setelah mudik berakhir, pengendara roda dua dianjurkan untuk kembali mengecek kondisi motor mereka. Saat ini, kata Deden, Planet Ban memiliki lebih dari 600 gerai di seluruh Indonesia, sehingga bisa melayani jutaan pengendara motor di kampung halaman mereka.

“Pemeriksaan setelah mudik penting untuk mendeteksi apabila ban motor sudah aus atau oli motor harus segera diganti, sehingga tidak menghambat perjalanan ke kota berikutnya,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement