Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Navaro Edukasi Bikers Perempuan Soal Keselamatan Berkendara

Ahad 21 Apr 2019 20:56 WIB

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Karta Raharja Ucu

Lady biker yang menjadi peserta edukasi keselamatan berkendara.

Lady biker yang menjadi peserta edukasi keselamatan berkendara.

Foto: Dokumentasi Forwot
Edukasi keselamatan berkendara digelar bertepatan dengan Hari Kartini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA, -- Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Journalist Vario Owners Community (NAVARO) menggelar kegiatan Ladies Nite yang dikhususkan bagi para lady bikers, atau pengemudi sepeda motor wanita. Acara yang berlangsung Sabtu (20/4) ini merupakan bentuk edukasi keselamatan berkendara atau safety riding kepada para bikers perempuan di Indonesia, sekaligus bertepatan Hari Kartini pada 21 April.

Ketua Acara Ladies Nite, Pius Mali, menjelaskan kini semakin banyak perempuan yang mengendarai sepeda motor untuk berbagai kegiatan sehari-harinya. Keberadaannya di jalan tentu harus diperhatikan karena mereka juga membutuhkan edukasi mengenai tata cara berkendara yang baik dan benar agar aman sampai tujuannya.

“Di era modern saat ini kesetaraan perempuan menjadi sebuah keharusan dimana mereka harus mendapatkan hak-hak yang sama dengan para pria, termasuk untuk mengendarai sepeda motor," kata Pius. Mereka berhak mendapatkan edukasi yang tepat dan benar mengenai teknik keselamatan berkendara. Termasuk menggunakan perlengkapan berkendara, sampai dengan menaati rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.

Ladies Nite diikuti peserta wanita  perwakilan dari berbagai komunitas seperti Asosiasi Honda Jakarta (AHJ), Kirana Rider, Yamaha Rider Federation Indonesia (YRFI) Chapter Depok, dan Yamaha Rider Federation Indonesia Chapter (YRFI) Jakarta. Acara juga dihadiri NAVARO serta undangan dari Astra Honda Motor, Federal Lubricants, Adira Insurance, FIFGroup, Astra Otoparts.

Marketing Supervisor Astra Otoparts, OKI Maulana, yang memberikan informasi mengenai ban kendaraan bermotor. Ban merupakan satu-satunya komponen dari sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan aspal. Sehingga pemilik sepeda motor harus paham dalam memilih ban, kondisi ban, sampai dengan cara merawat yang baik dan benar.

Para peserta juga mendapatkan edukasi mengenai helm sebagai salah satu perlengkapan wajib berkendara. Direktur RSV Helmet, Richard, memberikan sejumlah informasi secara detail mengenai helm, mulai dari cara memilih helm yang tepat, cara penggunaan helm, sampai kepada perawatan helm.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA