Kamis 01 Nov 2018 14:10 WIB

Minimalisasi Begal, Kawasaki Ninja 250 Dibekali Kunci Pintar

Kunci pintar berbentuk key FOB yang kompak (immobilizer portable).

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis versi terbaru dari New Ninja 250 untuk Model 2019 di Jakarta, Rabu (31/10).
Foto: Republika/Rosi Handayani
Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis versi terbaru dari New Ninja 250 untuk Model 2019 di Jakarta, Rabu (31/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis versi terbaru dari New Ninja 250 untuk model 2019 di pameran IMOS, Senayan, Jakarta (31/10). New Ninja 250 dibekali kunci pintar atau smart key untuk meminimalisasi terjadinya begal.

"Harapkan fitur ini dapat meminimalisasi pencurian dan kekerasan, atau juga begal. Di mana pengendara dapat mengaktifkan saklar motor dan kunci kemudi dengan menggunakan smart key berbentuk key FOB, yang kompak (immobilizer portable)," kata Michael Chandra Tanadhi, deputy head sales & promotion marketing division PT Kawasaki Motor Indonesia di Jakarta, Rabu (31/10).

Fitur baru, smart key telah dilengkapi dengan fitur Kawasaki’s Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS). Sebelumnya, sistem KIPASS ini telah ada di Kawasaki 1400GTR/Concours 14. 

Ketika smart key mendekati motor, fob smart key akan mengirimkan sinyal kepada KIPASS Ecu, dari KIPASS Ecu sinyal dikirimkan lagi kepada ignition switch, sehingga saklar dapat diputar ke mode on, dan motor dapat menyala.  

Cukup meletakan Smart Key pada kantong jaket atau celana, motor dapat menyala. Pengendara tidak perlu menempelkan dan melepas kunci secara manual untuk mengoperasikan sakelar utama Ninja 250.

"Ninja 250 hadir lagi dengan fitur terbaru,yaitu smart key, yang memberikan efisiensi kepada penggunanya. Pembaruan terus kami lakukan dan kami hadirkan ke Indonesia agar konsumen semakin nyaman saat mengendarai Ninja 250. Dari segi power, Ninja 250 masih menjadi yang terbesar di kelasnya, yaitu 39 PS," ujar Michael C Tanadhi.

Pada Fob smart key, terdapat kunci manual di dalamnya, yang dapat digunakan untuk membuka kunci penutup tangki bahan bakar. Selain itu, kunci ini juga dapat membuka kursi belakang. Pembeli juga akan mendapatkan kunci manual secara terpisah, untuk membuka penutup tangki.

Akan tetapi, sayangnya hanya tiga tipe yang telah dilengkapi dengan smart key, yaitu Ninja 250 SE (dengan MDP atau magnetic design painting), Ninja 250 ABS SE dan Ninja 250 ABS SE MDP.  Untuk tipe standar, terdiri dari warna lime green (hijau) dan hitam. 

Untuk tipe SE tersedia satu warna, yaitu lime green atau ebony (hijau), dengan grafis Kawasaki Racing Team. Sementara tipe MDP tersedia dalam dua warna, yaitu Passion Red atau Metallic Magnetic Dark Grey (Merah) dan Ebony atau Metallic -Magnetic Dark Gray (Abu-abu).

MDP merupakan teknik pengecatan khusus dengan menggunakan cat yang mengandung magnet sehingga menghasilkan efek 3D pada tulisan 'Ninja' di bagian fairing-nya. Khusus MDP diberi tambahan 'frame sliders', sehingga dapat melindungi cat yang diberi efek MDP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement