Sabtu 05 May 2018 16:19 WIB

Dovizioso tak Pasang Target Tinggi di Jerez

Musim lalu Ducati mendapatkan hasil cukup bagus di Jerez.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Andrea Dovizioso
Foto: EPA-EFE/AHMAD YUSNI
Andrea Dovizioso

REPUBLIKA.CO.ID, JEREZ --Pembalap Ducati Andrea Divizioso enggan menetapkan target tinggi di Grand Prix Spanyol. Usai menjalani sesi Latihan Bebas I dan II Dovizioso mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui hasil balapan di Sirkuit Jerez, Ahad (5/5).

"Saya tidak tahu karena terlalu dini untuk mengetahui apa yang bisa kami lakukan di balapan, feeling saya baik, tiga sampai empat pembalap benar-benar kompetitif dan tidak banyak pembalap lain yang benar-benar cepat," kata Dovizioso, seperti dilansir dari Motorsport, Sabtu (5/5).

Musim lalu Ducati mendapatkan hasil cukup bagus di Jerez. Mereka meraih podium ketiga setelah Jorge Lorenzo mengalahkan Johann Zarco. Ducati tidak memiliki catatan yang bagus di Jerez.

Sejak tahun 2003 Ducati hanya meraih satu kali kemenangan di Jerez. Hanya Loris Capirossi yang mampu menang di Jerez pada tahun 2006. Sebelum Lorenzo ada Troy Bayliss, Casey Stoner, dan Nicky Hayden yang bisa finis diperingkat ketiga bersama Ducati di Jerez.

"Saya tidak tahu berapa yang dapat kami tingkatkan, karena saya yakin kami dapat meningkatkan kecepatan motor nanti," kata Dovizioso.

Di latihan bebas pertama Dovizioso mencatatkan waktu 1 menit 39,268 detik. Pembalap asal Italia tersebut pun menjadi yang tercepat dilatihan bebas pertama. Tapi catatan waktunya tidak banyak berubah di latihan bebas kedua.

Dovizioso pun turun menjadi peringkat keenam setelah mencatatkan waktu 1 menit 39,068 detik. Cal Crutclow yang mencatatkan waktu 1 menit 38,614 detik menjadi pembalap tercepat di latihan bebas kedua.

Sementara itu pembalap Tech 3 Johann Zarco percaya diri dapat mendapatkan podium di Jerez. Ia menjadi pembalap tercepat Yamaha di latihan bebas kedua. Ia menjadi tercepat ketiga yang hanya terpaut 0,091 detik dari Crutchlow.

"Sangat senang dengan hasil di hari pertama, aspalnya juga sangat bagus, karena Anda bisa memiliki garis (tikungan) ekstrem dengan kendaraan Anda, dan motornya tidak pernah bergerak," kata Zarco seperti dilansir dari Crash.

Zarco mengatakan meski tidak melakukan ujicoba pramusim di Jerez tapi Yamaha cukup kompetitif di sirkuit tersebut. Maka menurutnya Yamaha sudah banyak melakukan perbaikan di motor mereka. Dengan begitu, tambah Zarco, pembalap bisa tenang dan lebih cepat lagi.

"Jadi jika berjalan seperti ini, setiap kali ada hal positif pada motor dan trek, Anda bisa tenang dan lebih cepat lagi, jadi saya sangat senang dengan itu dan saya ingin tetap mempertahankan kecepatan besok," kata Zarco.

Sementara itu dua pembalap Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales tidak mampu memberikan performa terbaik mereka selama latihan bebas. Mereka hanya ada diperingkat sembilan dan dua belas. Tapi Zarco yakin Yamahan akan tetap menjadi tim yang kompetitif di Spanyol.

"Memang benar tahun lalu kami kesulitan di sini dengan ban yang sebelumnya tapi sekarang treknya sudah berbeda, sekarang kami bisa lebih cepat dan bahkan dengan cara kami membawa motor, kami bisa lebih banyak mengontrol pergerakan ban belakang, jadi lihat nanti," kata Zarco.

Rekan setimnya Hafizh Syahrin masih tidak mampu beradaptasi di MotoGP. Setelah kecelakaan saat pemanasan di Grand Prix Amerika pembalap asal Malaysia tersebut mengatakan kondisinya belum benar-benar pulih.

"Saya merasa sangat baik dengan motornya, tapi kondisi saya tidak seratus persen, karena saya masih merasakan sakit di bagian atas kaki kiri saya," kata Hafizh.

Hafizh menambahkan pada balapan kali ini ia akan lebih percaya diri lagi dengan motor Yamaha YZR-M1. Ia juga akan mencari posisi terbaik untuk mengendari motor tersebut. Pembalap berusia 24 tahun itu mengatakan yang masih sedikit mengganggunya ialah kontrol terhadap kekuatan mesin.

"Tapi sensasi saya terhadap motor ini sangat bagus, pada momen ini persoalaannya hanya pada saya, saya harus lebih siap dan mencoba sedikit istirahat agar bisa memberikan performa terbaik saya besok," tambahnya.

Juara bertahan Marc Marquez masih menjadi favorit di Jerez. Ia menjadi kedua tercepat di latihan bebas pertama, masuk ke posisi kelima di latihan bebas kedua, Marquez menjadi yang tercepat di latihan bebas ketiga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement