Sabtu 27 Dec 2014 15:37 WIB

Hari Ibu, Forwot Gelar Pelatihan Safety Riding untuk Wanita

Forwot Safety Riding for Ladies 2014
Foto: forwot
Forwot Safety Riding for Ladies 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) bekerja sama dengan Yamaha menggelar kegiatan pelatihan keselamatan berkendara khusus untuk wanita. Acara bertema Forwot Safety Riding for Ladies 2014 itu dilaksanakan di lapangan parkir Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (27/12).

"Penyelenggaraan ini berkaitan dengan peringatan hari Ibu dan kami ingin kembali memaksimalkan peran wanita sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas. Harapannya, mereka tidak saja lebih aware bagaimana berkendara yang baik tapi bisa menularkan pengetahuan ini ke keluarga mereka masing-masing," ujar ketua panitia Vini Rizki Amelia dalam keterangannya. 

Sesuai data Global Status Report On Road Safety yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 120 jiwa per hari di Indonesia. 

Dengan begitu, kecelakaan lalulintas menjadi pembunuh terbesar ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tuberkulosis (TBC). Sementara data dari Polri, sepanjang 2013 jumlah korban meninggal dunia mencapai 26.216 jiwa dengan kasus kecelakaan sebanyak 100.106 kejadian. Korban kecelakaan lalulintas ini didominasi para pengendara sepeda motor.

Training Director Jakarta Defense Driving Consulting (JDCC) Jusri Palubuhu menjelaskan, lewat kegiatan ini para peserta wanita akan mendapatkan referensi “what, how & why” dalam mengendarai sepeda motor dan saat berinteraksi di jalan raya. 

"Sehingga, kesempatan ini akan menjadi modal dalam memengaruhi anggota-anggota keluarga mereka ataupun masyarakat lain mengenai kedisiplinan dan keselamatan berkendara di jalan raya secara lebih efektif. Sehingga bisa berperan besar sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas," lanjutnya.

Pelatihan safety riding khusus wanita ini diikuti oleh 55 peserta dari komunitas atau klub serta jurnalis. Selama kegiatan, mereka mendapatkan pembekalan teori dan praktik langsung. 

Materi yang disajikan meliputi dua sesi. Pertama sesi teori dengan pengetahuan umum mengapa kelompok wanita lebih mudah mengalami kecelakaan lalu lintas. Kemudian mengenai fakta dan kenapa kecelakaan terjadi di jalan raya.

Pada sesi praktik meliputi setting posture, pengereman, menikung dan berkelok di lingkungan terbatas, menanjak dan menururn, lintasan rusak, kontrol dan keseimbangan.

Forwot Safety Riding Campaign Coaching Clinic 2014 for Ladies digelar berkat dukungan dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Gajah Tunggal (produsen ban Zeneos dan IRC), Asuransi Astra, dan FIFGroup (Federal International Finance).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement