Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Tips Aman Berkendara Motor di Jalan Sempit

Rabu 07 Dec 2022 10:57 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Dibonceng naik motor (ilustrasi).

Dibonceng naik motor (ilustrasi).

Foto: Republika/ Wihdan
Motor bisa fleksibel melewati sejumlah jalan yang beragam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu keunggulan dari sepeda motor adalah dari aspek fleksibilitasnya. Motor bisa fleksibel melewati sejumlah jalan yang beragam mulai dari jalan yang lebar maupun jalan sempit. Saat melalui jalan yang sempit, pengendara pun perlu memperhatikan beberapa hal agar dapat melalui jalan itu dengan aman.

Dikutip dari website Astra Motor pada Selasa (6/12/2022), disarankan agar pengedara selalu megusahakan posisi motor ketika berkendara di gang yang sempit berada di sisi kiri. Dengan memposisikan motor di jalur kiri, maka akan mempermudah pengendara sepeda motor lainnya yang melaju di jalan yang sama serta dari arah yang berlawanan.

Baca Juga

Kedua, pengendara disarankan untuk selalu menjaga jarak kendaraan. Menjaga jarak ketika berkendara adalah hal yang penting bagi keselamatan pengendara maupun keselamatan para pengguna jalan lainnya.

Berbagai bentuk jalan yang mengharuskan pengendaranya untuk menjaga jarak adalah jalan yang seperti turunan, tanjakan dan belokan. Dengan selalu memperhatikan jarak berkendara maka akan membantu pengendara terhindar dari kecelakaan motor yang disebabkan oleh tabrakan.

Selanjutnya, pengendara juga disarankan untuk selalu mengendalikan kecepatan berkendara. Mengontrol kecepatan adalah hal yang wajib dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan khususnya yang melewati jalan sempit. Dengan mengontrol kecepatan, maka pengendara akan selalu aman melewati jalan yang sempit.

Berkendara dengan kecepatan yang terlalu rendah sendiri akan sangat mengganggu pengguna jalan lain di jalan yang sempit. Mengingat, jalan yang sempit membuat pengguna jalan memiliki ruang gerak yang sangat terbatas untuk mendahului kendaraan yang berjalan sangat lambat.

Sedangkan berkendara dengan kecepatan yang terlalu tinggi juga sangat tak disarankan mengingat jalan sempit membuat ruang manuver untuk kendaraan juga jadi sangat terbatas.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA