Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Kembali ke Indonesia, Ternyata Ford Fokus Membidik Pasar Ini

Senin 08 Aug 2022 20:13 WIB

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad

Ford lebih fokus pada segmen SUV dan double cabin lewat produk Ford Everest dan Ford Ranger.

Ford lebih fokus pada segmen SUV dan double cabin lewat produk Ford Everest dan Ford Ranger.

Foto: Republika/Eric
Saat ini Ford lebih fokus untuk menjual kendaraan SUV dan double cabin.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ford sempat berhenti sejenak dalam aktivitas pemasaran kendaraan di Indonesia. Tapi, mulai tahun ini, pabrikan Amerika itu telah resmi kembali meramaikan industri otomotif Tanah Air lewat RMA Indonesia.

General Manager Marketing and Sales RMA Indonesia, Yanto Mardianto mengatakan, saat ini Ford lebih fokus untuk menjual kendaraan SUV dan double cabin. "Saat ini kami fokus untuk memasarkan dua produk andalan yakni Ford Everest dan Ford Ranger," kata Yanto kepada Republika.co.id saat dijumpai dalam grand opening dealer Ford AK Mampang, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ford sendiri masih hanya akan memasarkan Ford Everest dan Ford Ranger hingga tahun depan. Selanjutnya, baru kemudian Ford mulai mempersiapkan produk andalan lain yang dihadirkan di Indonesia."Nantinya, kami juga akan memasarkan Ford Everest dan Ford Ranger generasi terbaru. Selain itu, kami juga akan menyiapkan kehadirkan produk lain," ujarnya.

Ia menekankan, kemungkinan produk lain yang akan dipasarkan merupakan produk SUV. Produk SUV dipilih oleh Ford karena saat ini produk tersebut merupakan salah satu produk yang paling diminati oleh pasar Indonesia.

Hal itu jugalah yang membuat Ford merasa confidence untuk menghadirkan dealer baru bernama Ford AK Mampang yang terletak di Jalan Warung Jati Barat nomor 9 Jakarta Selatan. Tadinya, dealer Ford kebanyakan berada di luar Jawa seperti Balikpapan, Medan, Palangkaraya dan Makassar.

"Saat ini memang produk kami yang terlaris adalah Ford Ranger. Tapi, dengan hadirnya dealer terbaru di Jakarta, maka hal ini diharapkan bisa makin mempermudah Ford dalam menjaring konsumen pecinta SUV," ucap dia.

Country Manager RMA Indonesia, Pinaki Mukherjee mengatakan, pada tahun ini, diperkirakan Ford akan menjual kendaraan sebanyak 600 unit. "Kami yakin angka itu bisa tercapai karena Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara," kata Pinaki Mukherjee.

Ford pun terus berkomitmen untuk terus melakukan perluasan jaringan dan perluasan produk line up. Menurutnya, penambahan produk pada 2023 diprioritaskan pada produk yang dianggap jadi produk terlaris sehingga bisa berperan sebagai volume maker. Ford sendiri terakhir memasarkan produk mereka di Tanah Air tahun 2016.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA