Rabu 24 Nov 2021 13:39 WIB

Kepolisian Yunani Gunakan Mobil Listrik Mungil untuk Patroli

Mobil listrik mungil digunakan kepolisian di pulau kecil di Yunani bernama Chalki.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Citroen Ami, kendaraan mungil berkapasitas dua kursi penumpang.
Foto: EPA
Citroen Ami, kendaraan mungil berkapasitas dua kursi penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Yunani adalah salah satu negara yang cukup peduli dengan perkembangan mobil listrik. Hal ini ditunjukan lewat penggunaan electric vehicle (EV) sebagai kendaraan operasional.

Dikutip dari Drive pada Rabu (24/11), kendaraan operasional berupa mobil listrik mungil itu digunakan oleh kepolisian di sebuah pulau kecil di Yunani bernama Chalki. Mobil yang digunakan itu merupakan mobil  Citroen Ami yang merupakan EV berkapasitas dua orang.

Baca Juga

Mobil ini sendiri dinilai cukup pas digunakan sebagai kendaraan patroli karena Chalki adalah sebuah pulau kecil. Berdasar Google Maps, jarak antar titik dalam pulau itu hanya sekitar 10 kilometer saja.

Oleh karena itu, meski Citroen Ami memiliki daya jelajah sekitar 70 kilometer, maka  Citroen Ami dinilai cukup memadai untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. Meskipun, kendaraan mungil ini tak hanya sanggup dipacu hingga kecepatan 45 kilometer/jam saja.

CEO of Citroen, Vincent Cobée mengatakan, terdapat dua unit Citroen Ami yang dipinjamkan kepada Kepolisian Chalki selama dua tahun.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Pulau Chalki dalam proyek luar biasa ini. Kolaborasi ini sepenuhnya sesuai dengan semangat Citroën sebagai merek inovatif dan berani  yang terhubung erat dengan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari dan mobilitas mereka," kata Vincent.

Selain Citroen, Volkswagen juga melakukan kerja sama dengan Yunani demi dapat meningkatkan peran dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Dilansir dari Car and Driver beberapa waktu lalu, kerja sama soal EV itu  dilakukan lewat penciptaan smart green island.

Pulau yang dijadikan sebagai sebuah electric car utopia itu sendiri adalah sebuah pulau di Yunani dengan nama Astypalea.

Program ini dilakukan lewat penggantian sarana transportasi yang ada di pulau tersebut. Jika tadinya seluruh transportasi itu menggunakan kendaraan dengan mesin konvensional, dengan kerja sama ini maka seluruh transportasi itu diganti dengan EV.

Sejumlah upaya yang dilakukan diantaranya adalah dengan mengganti 1500 kendaraan konvensional dengan 1000 EV.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement