Selasa 19 Jan 2021 12:46 WIB

Segmen MPV Topang Lebih dari 50 Persen Penjualan Toyota

MPV Toyota yaitu Avanza dan Innova menopang penjualan total sebesar 70.680 unit

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kanan), Direktur Marketing TAM  Anton Jimmy Suwandy (kedua kiri) dan  Kazunori Minamide (kedua kanan) pada peluncurani All New Corolla Cross, produk terbaru Toyota di segmen sport utility vehicle (SUV) di Jakarta, Kamis (6/8/2020).  Dikembangkan dengan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C), Corolla Cross yang hadir dengan varian HEV dan gasoline, ditawarkan dengan kisaran harga Rp457 juta - Rp498 juta per unit. Kehadiran Corolla Cross HEV ini juga merupakan wujud komitmen Toyota Indonesia mendukung program elektrifikasi Pemerintah. ANTARA FOTO/HO/Edy/nz.
Foto: Edy/ANTARA
Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kanan), Direktur Marketing TAM Anton Jimmy Suwandy (kedua kiri) dan Kazunori Minamide (kedua kanan) pada peluncurani All New Corolla Cross, produk terbaru Toyota di segmen sport utility vehicle (SUV) di Jakarta, Kamis (6/8/2020). Dikembangkan dengan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C), Corolla Cross yang hadir dengan varian HEV dan gasoline, ditawarkan dengan kisaran harga Rp457 juta - Rp498 juta per unit. Kehadiran Corolla Cross HEV ini juga merupakan wujud komitmen Toyota Indonesia mendukung program elektrifikasi Pemerintah. ANTARA FOTO/HO/Edy/nz.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah kondisi pandemi sepanjang tahun 2020, Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan penjualan retail sebanyak 182.665 unit dengan market share di level yang sama seperti tahun 2019 yaitu sekitar 31 persen.

Secara keseluruhan, penjualan retail Toyota ditopang segmen multi purpose vehicle (MPV) sebanyak 105.274 unit dengan kontribusi 57,6 persen.

Model Avanza-Veloz terjual 40.728 unit yang berkontribusi sebesar 38,7 persen di segmen MPV Toyota. Kijang Innova juga turut menopang segmen MPV Toyota dengan berkontribusi sebesar 28,5 persen atau 29.952 unit di sepanjang tahun 2020.

Kontributor penjualan retail Toyota terbesar kedua sepanjang kurun waktu 2020 adalah segmen SUV dengan penjualan 47.995 unit atau berkontribusi sebesar 26,8 persen dari total penjualan ritel Toyota.

Toyota Rush di segmen medium MPV menjadi kontributor terbesar di segmen SUV Toyota dengan mencatatkan angka penjualan ritel sebesar 34.528 unit atau 71,9 persen dari segmen SUV Toyota.

Sama halnya dengan produk passenger, produk komersial juga turut terdampak dengan mewabahnya pandemi khususnya di kuartal kedua (Q2) dimana total penjualan retail turun 45 persen.

"Meskipun situasi di tahun 2020 cukup menantang, kami berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya dengan menghadirkan lineup kendaraan yang lengkap, tapi juga berbagai layanan," kata President Director Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda dalam siaran pers, Selasa (19/1).

"Kami bersyukur upaya kami dalam mendukung mobilitas mendapat sambutan baik dari pelanggan dan masyarakat luas," kata Susumu Matsuda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement