Jumat 27 Nov 2020 19:12 WIB

Honda akan Terapkan Sistem Kendali Otonom Tingkat 3

Sistem kendali otonom Honda akan membantu pengemudi saat menghadapi kemacetan.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Honda
Honda

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Tahun depan, Honda akan melakukan peremajaan pada salah satu produk andalanya. Rencananya, produk mobil sedan itu akan dibekali dengan sistem kendali otonom.

Dilansir dari The Verge pada Jumat (27/11), sistem kendali otonom yang akan diterapkan itu sendiri merupakan sistem kendali otonom level tiga. Artinya, sistem itu memungkinkan kendaraan dikendalikan sepenuhnya berkat dukungan beragam sensor dan kamera yang tertanam dalam kendaraan.

Baca Juga

Rencana Honda itu pun saat ini telah mengantongi persetujuan dari kementerian terkait. Artinya, Honda telah berhak untuk melakukan produksi kendaraan yang dibekali dengan sistem kendali otonom yang diproduksi secara masal.

Fitur yang disebut dengan traffic jam pilot itu merupakan sistem kendali otonom yang akan membantu pengemudi saat menghadapi kemacetan. Artinya, dalam kondisi macet, kendaraan dapat berjalan dan melakukan pengereman secara otomatis sesuai dengan kondisi lalu lintas.

Untuk menunjang sistem kendali otonom, kendaraan ini nantinya akan dibekali dengan data recorder yang merekam tiap pergerakan kendaraan. Selain itu, mobil ini juga akan dibekali dengan driver-monitoring system yang akan merekam perilaku pengemudi.

Meski tak disebut secara pasti soal produk apa yang akan dibekali dengan sistem kendali otonom tersebut, tapi Honda berencana untuk meluncurkan Honda Civic generasi ke-11 pada 2021.

Produk terbaru ini akan hadir dengan memberikan performa yang lebih bertenaga dan hemat bahan bakar. Dari sisi eksterior, Honda Civic generasi ke-11 tampil dengan wajah baru yang lebih futuistik, menekankan perawakan rendah dan lebar dengan elemen horizontal yang kuat.

Pada bagian interior, Honda Civic generasi ke-11 melakukan perubahan yang signifikan dengan panel yang bebas dari gangguan visual agar pengemudi dapat melihat jalan di depannya dengan jelas. Pada bagian dashboard, terdapat aksen sarang lebah yang tidak hanya sebagai elemen desain, tetapi juga menyembunyikan ventilasi udara secara visual.

Honda Civic generasi ke-11 pun akan memperkenalkan beberapa sistem keselamatan aktif dan pasif baru. Di sana termasuk rangkaian yang ditingkatkan dari teknologi keselamatan dan bantuan pengemudi Honda Sensing. Selain itu, Honda Civic generasi ke-11 akan hadir dengan versi terbaru dari struktur bodi Honda Advanced Compatibility Engineering™ (ACE™) dengan perlindungan tabrakan penumpang dan pejalan kaki yang telah ditingkatkan sebagai penyempurnaan dalam berkendara dengan Honda Civic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement