Kamis 28 Feb 2019 21:21 WIB

SPK New Avanza dan New Velos Capai 14.396

Angka 14.396 SPK tercatat sejak peluncuran dua mobil MPV itu ke pasaran

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tampilan baru Toyota New Veloz dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1).
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Tampilan baru Toyota New Veloz dipamerkan pada peluncuran New Avanza dan New Veloz 2019 di Jakarta, Selasa (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) produk mobil terbaru dari Toyota, New Avanza dan New Veloz telah mencapai 14.396 pemesanan. Angka itu tercatat sejak peluncuran dua mobil jenis MPV itu ke pasaran, pada 15 Januari lalu. 

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi mengatakan, sebagian besar yaitu 62 persen dari SPK tersebut berasal dari pemesanan untuk Avanza dan sisanya berasal dari pemesanan Veloz. Sedangkan dari line-up, SPK terbesar dari Avanza 1.3 G yang mencapai 48 persen dan dari Veloz 1.5 sebesar 29 persen.

Baca Juga

“Jadi sebenarnya nggak terlalu beda jauh dengan (seri) yang sebelumnya. Hanya Veloz-nya dari 20-an persen naik ke 30 persen. Tapi itu wajar,” kata Anton di sela-sela kegiatan Journalist Test Drive New Avanza dan New Veloz, Kamis (28/2).

Menurutnya, setiap kali adanya peluncuran pembaharuan produk Avanza,  jumlah pemesanan selalu naik terlebih dahulu. Pihaknya mengaku tak terkejut dengan fenomena pada awal peluncuran semacam itu. 

Besarnya minat konsumen ini membuat penyerahan (delivery) mengalami indent rata-rata selama 1-1,5 bulan. Jangka waktu indent ini tidak sama di setiap daerah, tergantung stock yang tersedia. 

Untuk wilayah DKI dan Sumut misalnya, indent sekitar 1 bulan, kemudian Jawa Tengah dan Jawa Barat rata-rata 2,1 bulan. SPK terbesar berasal dari wilayah Jabodetabek yang mencapai 35 persen, kemudian, Sumatera Utara 12 persen.

Oleh sebab itu, pihaknya merencanakan wholesales kepada dealer dengan jumlah sekitar 6.000 unit mobil. “Februari planningnya sekitar 6000-an. Tapi aktualnya kan kita masih nunggu per hari. jadi mungkin di awal Maret kita akan info, wholesales di berapa,” jelas dia.

Sementara, pada Maret 2019, dia memprediksi akan memproduksi sampai lebih dari 7500. Hal itu pun berdasarkan pengalaman dia pada 2018 lalu yang memiliki rata-rata produksi sekitar 6900 unit.

TAM meluncurkan dua mobil jenis MPV, New Avanza dan New Veloz pada 15 Januari lalu. Sejumlah perubahan dan penambahan fitur dilakukan kepada dua jenis mobil tersebut untuk kenyamanan para penggunanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement