Rabu 11 Jul 2018 16:25 WIB

Brio dan HR-V Sumbang Penjualan Terbesar Bagi Honda

Penjualan tertinggi diraih Brio Satya yaitu sebanyak 23.475 unit

Rep: Rossi Handayani / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Honda Brio
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Honda Brio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Honda Prospect Motor (HPM) menutup semester I 2018 dengan mencatat penjualan total sebanyak 76.694 unit. Kontribusi terbesar untuk penjualan Honda selama enam bulan tersebut datang dari Honda Brio, Honda HR-V dan Honda Mobilio.

Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy mengatakan, meskipun pasar di semester I tahun ini cukup keras, Honda masih dapat mencapai pertumbuhan positif terutama di beberapa segmen seperti LCGC, City Car dan SUV. 

"Kami optimis dapat mempertahankan tren positif ini di paruh kedua dengan didukung penyegaran produk, serta program penjualan, dan purna jual yang akan memberikan nilai lebih bagi konsumen," kata Jonfis dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Rabu (11/7).

Honda Brio Satya merupakan model dengan penjualan tertinggi untuk Honda di paruh pertama tahun ini, dengan total sebesar 23.475 unit atau 30 persen dari total penjualan Honda. Meskipun segmen LCGC secara total mengalami penurunan sebesar lima persen, namun penjualan Honda Brio Satya naik 22 persen, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Honda Brio Satya sendiri mengambil 20 persen pangsa pasar di segmen LCGC.

photo
Honda Brio Satya. Ilustrasi

Sementara itu, Honda Brio RS mencatat penjualan sebanyak 5.887 unit atau naik 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Model ini berkontribusi sebesar delapan persen terhadap total penjualan Honda sekaligus meraih pangsa pasar 33 persen di segmen City Car.

Kontribusi besar untuk penjualan Honda juga datang dari Honda HR-V 1.5L yang terjual sebanyak 15.339 unit atau mencapai 20 persen dari total penjualan HPM, serta berhasil menguasai 29 persen pasar LSUV di Indonesia. Selanjutnya, Honda Mobilio menyumbang penjualan sebanyak 11.718 unit atau mencapai 15 persen dari total penjualan HPM, serta meraih pangsa pasar sebesar sembilan persen di segmen LMPV.

photo
Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida (kiri) bersama Direktur Marketing & Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy (kanan) saat peluncuran New Honda HR-V di Jakarta, Selasa (8/3).

Honda Jazz mencatat penjualan sebanyak 5.930 unit dan tetap mempertahankan posisinya sebagai market leader di segmen Hatchback dengan pangsa pasar 34 persen. Sementara di segmen SUV, Honda CR-V meraih penjualan 5.360 unit dengan pangsa pasar 17 persen, sedangkan Honda HR-V 1.8L terjual 2.818 unit dengan pangsa pasar sembilan persen. 

Selain itu, Honda BR-V terjual 3.021 unit dengan pangsa pasar enam persen di segmen LSUV, diikuti oleh Honda Civic Hatchback yang terjual 1.390 unit dengan pangsa pasar delapan persen di segmen Hatchback.

Sementara di kategori Sedan, selama Januari- Juni 2018 Honda Civic menjadi market leader segmen Small Sedan dengan penjualan sebanyak 1.017 unit dan pangsa pasar sebesar 72 persen. Salah satu mobil sedan lainnya, yakni Honda City juga menjadi market leader di segmen Mini Sedan dengan penjualan sebanyak 487 unit dan pangsa pasar mencapai 67 persen.

Sedangkan Honda Accord di segmen Medium Sedan terjual sebanyak 100 unit dengan pangsa pasar tujuh persen. Produk lainnya yang juga berkontribusi adalah Honda Odyssey sebanyak 131 unit, dan Honda Civic Type R sebanyak 21 unit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement