Selasa 15 May 2018 18:14 WIB

Bukan Produsen, Apple Ternyata Miliki 55 Mobil Swakemudi

DMV telah mengeluarkan izin kepada 409 kendaraan dan 1.573 safety driver.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi Mobil Swakemudi
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Mobil Swakemudi

REPUBLIKA.CO.ID, SACRAMENTO -- Apple ternyata memiliki 55 mobil swakemudi yang terdaftar di California Department of Motor Vehicles (DMV). Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan awal tahun ini sebanyak 27 dan hanya tiga tahun lalu.

Dikutip dari Techcrunch, Selasa (15/5), Juru bicara DMV menyatakan angka itu membuat Apple memiliki armada mobil swakemudi terbesar kedua di California. Apple kini memiliki lebih banyak mobil yang terdaftar daripada Waymo, yang memiliki 51 armada.

Sementara, General Motor's Cruise, memimpin jumlah armada dengan total 104 kendaraan. Secara total, DMV telah memberikan kepada 53 perusahaan izin untuk mobil swakemudi yang mencakup safety driver, yang menghasilkan total 409 kendaraan dan 1.573 safety driver.

Perusahaan-perusahaan yang tercantum di atas hanya memiliki izin untuk menguji mobil swakemudi dengan safety driver di dalam mobil. Sampai sekarang, DMV belum mengeluarkan izin untuk pengujian driverless lengkap.

Untuk melakukan pengujian tanpa pengemudi, perusahaan harus sudah menguji kendaraan sebelumnya dalam kondisi yang terkendali.''Kendaraan juga harus memenuhi definisi kendaraan SAE Level 4 atau 5. DMV saat ini sedang meninjau dua aplikasi izin pengujian tanpa pengemudi,'' kata juru bicara DMV kepada TechCrunch.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement