Senin 02 Apr 2018 12:50 WIB

Tesla Recall Besar-besaran Mobil Model S karena Kemudi

Tesla telah menarik 123 ribu kendaraan Model S yang diproduksi sebelum April 2016.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Tesla. Ilustrasi
Foto: Mashable
Tesla. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Tesla telah menarik sejumlah besar kendaraan Model S secara global karena masalah kemudi yang salah. Perusahaan telah memberi tahu pelanggan melalui surel bahwa ini adalah penarikan yang proaktif dan sukarela dan tidak ada mobil lain yang terpengaruh oleh masalah ini. Tesla telah menarik 123 ribu kendaraan Model S yang diproduksi sebelum April 2016.

Tesla juga telah memberi tahu pelanggan bahwa tidak ada kecelakaan atau cedera yang disebabkan oleh masalah ini yang telah dilaporkan. Meskipun demikian, ini masih merupakan penarikan sukarela terbesar yang Tesla pernah diterbitkan.

Penarikan terbesar Tesla Model S sebelum ini terjadi pada tahun 2015 ketika 90 ribu kendaraan dipengaruhi oleh sabuk pengaman yang rusak. Alasan penarikan terbaru ini menurut surel yang dikirim perusahaan adalah korosi berlebihan pada baut power steering. Masalah itu sebagian besar terjadi di iklim dingin.

"Jika baut gagal, pengemudi masih bisa mengemudikan mobil, tetapi peningkatan kekuatan diperlukan karena kehilangan atau pengurangan bantuan listrik," tulis Tesla dalam surel, dikutip dari Ubergizmo, Senin (2/4).

Hal itu menunjukkan bahwa masalah tersebut akan membuat mobil lebih sulit dikendarai pada kecepatan rendah dan untuk parkir paralel. Sementara, secara material masalah tersebut tak memengaruhi kontrol pada kecepatan tinggi.

Perusahaan mengatakan, pemilik yang belum mengalami masalah apa pun tidak perlu berhenti mengendarai Model S mereka. Mereka akan diberi tahu ketika retrofit siap dipasang di area mereka. Prosesnya tidak boleh lebih dari satu jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement