Rabu 06 Sep 2017 14:10 WIB

DeLorean Siap Kembangkan Mobil Terbang

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Winda Destiana Putri
DeLorean Aerospace.
Foto: Sciencealert
DeLorean Aerospace.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT -- Perusahaan DeLorean Aerospace tengah mengembangkan prototipe mobil terbang. Sebelumnya, nama DeLorean sempat dikenal sebagai salah satu varian mobil, yang dikenal luas setelah digunakan di dalam film fiksi ilmiah, ''Back To The Future'', pada era 80an.

Dalam film tersebut, mobil keluaran DeLorean Motor Company (DMC), DMC 12, digunakan sebagai mobil yang bisa terbang sekaligus menjadi mesin waktu, yang digunakan oleh para karakter utama di film tersebut untuk melintasi ruang dan waktu. Saat ini, DMC lewat perusahaan DeLorean Aerospace ingin membangkitkan kembali citra mobil DeLorean sebagai mobil yang bisa terbang.

Menurut CEO dan Kepala Desainer DeLorean Aerospace, Paul DeLorean, saat ini perusahaannya tengah membangun prototipe dari desain mobil terbang, yang telah berhasil dibuat perusahaannya. Dalam desain tersebut, DeLorean Aerospace merancang mobil berkapasitas dua penumpang dan dapat terbang secara vertikal, baik saat lepas landas ataupun saat mendarat.

Mobil itu pun dapat digerakan secara otonom atau diterbangkan secara otomatis. ''Kami tengah bergerak untuk membangun prototipe pertama mobil, yang bisa membawa dua orang penumpang dan dioperasikan sepenuhnya secara elektrik untuk jarak temph mencapai 193 kilometer,'' kata Paul kepada Wired seperti dikutip Science Alert.

Dalam mengembangkan desain mobil terbang ini, DeLorean Aerospace bekerjasama dengan sejumlah perusahaan, mulai Uber, Airbus, dan Kitty Hawk. Mobil terbang ini memiliki dua pasang sayap, yang berada di bagian belakang dan depan. Agar bisa terbang dan melaju, mobil ini dilengkapi dengan dua kipas di bagian belakang dan depan.

''Kipas ini digerakan dengan tenaga listrik, dan komponennya ditempatkan di atas kipas tersebut. Kipas tersebut dapat berputar setelah lepas landas untuk mendorong mobil tersebut maju,'' tutur Paul yang juga keponakan pendiri serta desainer pertama mobil keluaran DMC.

Secara spesifik, mobil terbang ini memiliki panjang 6 meter dan total lebar sayap mencapai 5,6 meter. Namun, sayap ini bisa dilipat agar kendaraan ini bisa dimasukan ke dalam garasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement