Jumat 23 Dec 2016 14:00 WIB

VW Sepakati Kompensasi dengan 80 Ribu Pemilik Kendaraan

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Volkswagen
Volkswagen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang hakim federal mengatakan pada Kamis (22/12), bahwa Volkswagen telah mencapai kesepakatan prinsip, untuk memberikan kompensasi substansial, bagi 80 ribu pemilik dari 3.0-liter mesin diesel. Hal ini dilakukan untuk menyelesaikan skandal emisi mobil Jerman.

Dilasir dari Reuters Jumat (23/12), Hakim Distrik AS, Charles Breyer tidak mengungkapkan jumlah kompensasi dari pemilik, tidak termasuk dalam penyelesaian 1 miliar dolar AS, yang diumumkan awal pekan ini antara VW dan regulator AS. Setengah dari kompensasi akan dibayarkan pada saat Breyer memberikan persetujuan akhir dari penyelesaian ini.

Awal pekan ini, Volkswagen mencapai penyelesaian 1 miliar dolar AS dengan regulator AS, yang menawarkan untuk membeli kembali sekitar 20 ribu kendaraan. Kemudian, memperbaiki 60 ribu unit tersisa, dan membayar 225 juta dolar AS, menjadi dana perwalian lingkungan untuk mengimbangi kelebihan emisi kendaraan.

Dengan kesepakatan tersebut, Volkswagen akan menghabiskan sebanyak 17,5 miliar dolar AS di Amerika untuk menyelesaikan klaim dari pemilik, dan negara bagian regulator terkait polusi kendaraan diesel di samping kompensasi bagi pemilik dari 3.0-liter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement